6 Tips Mencegah Timbunan Plak pada Gigi
11 September 2013 - dibaca : 2.977 kali

6 Tips Mencegah Timbunan Plak pada Gigi

Sebuah senyum indah harus didukung oleh kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi. Salah satu tanda gigi yang sehat adalah terbebasnya dari timbunan plak. Agar gigi bebas plak, tentu diperlukan kiat-kiat tertentu. Berikut adalah tips untuk mencegah terjadinya timbunan plak pada gigi.

1. Menyikat gigi secara teratur.

Untuk hasil terbaik, sikatlah gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Menyikat gigi akan mencegah timbunan plak. Plak yang tidak dibersihkan akan menyebabkan karang gigi dan gigi berlubang.

2. Membersihkan sela-sela gigi.

Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi setelah makan untuk membersihkannya dari sisa-sisa makanan. Sebuah senyum indah harus didukung oleh kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi. Salah satu tanda gigi yang sehat adalah terbebasnya dari timbunan plak. Agar gigi bebas plak, tentu diperlukan kiat-kiat tertentu. Berikut adalah tips untuk mencegah terjadinya timbunan plak pada gigi.

3. Membersihkan seluruh mulut.

Gunakan pembersih lidah atau bagian belakang sikat gigi untuk menghilangkan plak dari lidah. Pastikan untuk membersihkan daerah pada perbatasan gigi dan gusi. Plak berpotensi menyebabkan  kondisi lain seperti radang gusi.

4. Makan makanan yang sehat.

Perbanyak buah dan sayuran dalam diet Anda. Jangan lupa minum cukup air untuk kesehatan secara keseluruhan dan untuk membersihkan plak. Makanan ringan seperti kue dan permen membantu plak berkembang dengan melemahkan enamel gigi.

5. Melakukan pemeriksaan gigi teratur.

Kunjungi dokter gigi setiap enam bulan untuk pemeriksaan rutin dan membersihkan gigi. Dokter gigi akan menilai kesehatan gigi Anda dan merekomendasikan tindakan yang terbaik.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler