Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Malaria
24 Juli 2013 - dibaca : 3.854 kali

Malaria

Malaria adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit Plasmodium, ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit tersebut. Kasus malaria banyak terjadi di daerah beriklim tropis dan subtropis.

Apa gejalanya ?

Pada umumnya, malaria ditandai oleh serangan berulang dengan gejala, seperti : demam tinggi (tubuh terasa dingin hingga menggigil, disertai dengan demam yang berlangsung selama 4-6 jam), sakit kepala, muntah, diare, dan nyeri persendian.

Bagaimana cara mendiagnosisnya ?

Pemeriksaan darah akan sangat membantu untuk menunjukkan adanya parasit penyebab malaria dan menentukan pengobatan yang tepat.

Bagaimana pengobatannya ?

Jenis obat anti-malaria dan lama pengobatannya bervariasi, bergantung pada jenis parasit, tingkat keparahan gejala, usia, dan kondisi tertentu seperti kehamilan.

 

Bagaimana pencegahannya ?

  • Jika akan melakukan perjalanan ke lokasi atau daerah yang terjangkit malaria, mintalah obat kepada dokter untuk melindungi tubuh dari infeksi parasit yang menyebabkan malaria.
  • Mengurangi paparan nyamuk di antaranya dengan penyemprotan dan menjaga kebersihan.

Komplikasi

Jika tidak tertangani dengan baik, malaria dapat menimbulkan komplikasi berbahaya seperti :

  • Pembengkakan atau kerusakan otak
  • Edema paru (penumpukan cairan di organ paru)
  • Pembengkakan atau gagal ginjal


Terpopuler