Psoriasis
24 Juli 2013 - dibaca : 2.830 kali

Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit kulit yang mempengaruhi siklus hidup sel-sel kulit. Psoriasis menyebabkan peningkatan produksi sel-sel yang cepat pada permukaan kulit, sehingga terbentuk sisik berwarna keperakan yang tebal, kering, gatal, dan menimbulkan warna kemerahan pada bagian tertentu yang terkadang menyakitkan. Psoriasis merupakan penyakit menetap dan berlangsung lama (kronis).

 

Penyebab

Penyebab psoriasis belum diketahui secara pasti, namun diduga berhubungan dengan gangguan sistem kekebalan tubuh yang disebut sebagai autoimunne disease. Risiko terjadinya psoriasis semakin meningkat atau diperparah dengan adanya pemicu seperti : infeksi (radang tenggorokan atau sariawan), cedera pada kulit (sengatan matahari dan gigitan serangga), cuaca dingin, merokok, konsumsi alkohol dan obat-obatan tertentu seperti obat tekanan darah tinggi dan antimalaria.

 

Gejala/Tanda

Psoriasis menunjukkan gejala/tanda yang bervariasi pada setiap penderitanya, namun biasanya mencakup satu atau dua gejala/tanda berikut :

- Bercak merah yang makin melebar ditutupi dengan sisik keperakan

- Menimbulkan lubang-lubang kecil pada salah satu bagian kuku, sehingga kuku pun rapuh

- Kulit kering dan pecah-pecah hingga berdarah

- Rasa gatal, terbakar atau nyeri

- Bengkak dan kaku sendi

 

Diagnosis

Diagnosis psoriasis cukup mudah dilakukan melalui anamnese dan pemeriksaan fisik oleh dokter. Jika diperlukan, dokter juga akan melakukan biopsi kulit untuk menentukan jenis psoriasis dengan tepat.

 

Pengobatan

Pengobatan psoriasis bertujuan untuk mencegah siklus yang menyebabkan peningkatan produksi sel-sel kulit, sehingga mengurangi peradangan dan pembentukan plak serta menghilangkan sisik dan menghaluskan kulit. Untuk itu, pengobatan yang dilakukan mencakup pengobatan topikal, terapi cahaya (fototerapi) dan pemberian obat sistemik (oral atau injeksi).

 

Pencegahan

Psoriasis dapat dicegah dengan :

- Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan

- Menggunakan pelembab kulit

- Menjalankan pola hidup sehat

 

Komplikasi

Psoriasis dapat menyebabkan komplikasi, diantaranya :

- Penebalan kulit dan infeksi kulit

- Ketidakseimbangan cairan dan elektrolit

- Rasa tidak nyaman

- Meningkatkan risiko penyakit tertentu, seperti sindrom metabolik, tekanan darah tinggi, kadar insulin tinggi, penyakit inflamasi usus, penyakit jantung, dan kanker.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler