Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Tips Mengatasi Mata Lelah
20 Juli 2013 - dibaca : 1.617 kali

Tips Mengatasi Mata Lelah

Setelah sibuk dengan segunung pekerjaan, seringkali kedua mata kita terasa berat. Ini bisa menjadi tanda jika mata mengalami kelelahan dan membutuhkan istirahat.

Kelelahan pada mata adalah suatu kondisi ketika mata terasa lelah akibat digunakan secara intens untuk mendukung aktivitas sehari-hari seperti mengemudi, bekerja di depan layar komputer, membaca buku, dan pekerjaan lainnya yang membutuhkan kefokusan yang tinggi. Walaupun tampak sepele, sebaiknya anda tidak meremehkan kondisi ini, karena jika tidak ditangani dengan baik, aktivitas anda bisa terganggu.

Gejala mata lelah

Apabila mata anda terasa berat dan lelah, biasanya terdapat gejala-gejala seperti berikut ini :

  1. Penglihatan menjadi kabur.
  2. Penglihatan tidak bisa fokus.
  3. Mata terasa berat (kadang berair).
  4. Mata terasa gatal, kering, dan perih.
  5. Sakit di punggung, bahu, leher, dan kepala.
  6. Sensitif terhadap cahaya.

Penyebab Mata Lelah

Salah satu faktor yang sering mengakibatkan mata lelah adalah tingkat kefokusan mata yang tinggi dalam waktu lama, misalnya menonton televisi atau bekerja di dapan layar monitor. Selain itu, ada beberapa penyebab lainnya yang dapat membuat mata menjadi lelah.

  • Membaca dan mengemudi.
  • Sering terkena cahaya yang sangat terang.
  • Berada pada tempat yang udaranya sangat dingin atau sangat kering.
  • Memaksakan diri untuk melihat benda atau membaca buku dalam cahaya yang sangat redup.

Mengatasi Kelelahan Pada Mata

Kelelahan pada mata termasuk kondisi yang umum terjadi dan tidak membutuhkan penanganan yang serius. Hal yang perlu dilakukan adalah cukup dengan mengistirahatkan mata dalam beberapa waktu, dan rasa lelah di mata pun akan hilang. Namun jika mata anda yang lelah tidak kunjung membaik dan bahkan mata semakin terasa berat, serta terjadi dalam waktu yang lama, segeralah berkonsultasi kepada dokter.

Pencegahan Agar Mata Tidak Cepat Lelah

Adapun tips-tips berikut ini dapat membantu mata anda agar tidak mengalami kelelahan yang bisa berdampak pada produktivitas anda dalam bekerja.

  • Aturlah jarak antara layar komputer dengan mata anda. 50 hingga 100 cm adalah jarak yang ideal bagi kedua mata anda.
  • Aturlah pencahayaan layar monitor komputer/laptop anda, usahakan jangan terlalu terang dan tajam karena hal tersebut membuat mata anda cepat tegang dan lelah.
  • Saat bekerja dengan menggunakan laptop/komputer, usahakan posisi tubuh anda lurus atau sejajar dengan perangkat elektronik tersebut. Aturlah posisi tubuh anda senyaman mungkin. Jangan buat anggota tubuh anda seperti punggung, leher, bahu, dan mata, bekerja terlalu keras akibat posisi tubuh yang tidak tepat ketika bekerja di depan layar monitor komputer.
  • Jangan ‘pelit’ untuk berkedip. Berkedip dapat mengatasi rasa lelah di mata. Berkedip akan menghasilkan air yang dapat melembabkan serta menyegarkan kedua mata anda. Anda juga bisa memakai obat tetes mata untuk membuat mata anda yang kering menjadi lebih lembab.


Terpopuler