6 Pertolongan Pertama untuk Gejala Frostbite 'Radang Dingin'
16 Juli 2013 - dibaca : 1.448 kali

6 Pertolongan Pertama untuk Gejala Frostbite

Inilah 6 Pertolongan Pertama untuk Gejala Frostbite 'Radang Dingin' Jika Anda gemar berlibur di daerah yang dingin seperti pegunungan, ada beberapa ancaman yang mengintai tubuh Anda. Salah satunya frostbite. Frostbite sendiri merupakan kondisi membekunya sebagian organ tubuh yang terpapar suhu dingin yang berlebihan.

Kondisi ini pada umumnya terjadi pada suhu 0 derajat celcius. Frostbite dikenal dengan radang dingin dimana jaringan sel di dalam tubuh menjadi rusak karena terjadnya pembekuan. Seperti diketahui, udara dingin membuat cairan sel membeku danmenjadi rusak karena pembekuan yang menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar. Organ yang terkena biasanya adalah ujung-ujung jari kaki dan tangan, cuping telinga, cuping hidung, dan dagu.

Tanda-tanda organ yang mengalami frostbite  Kulitnya pucat dan keras, jika terkelupas maka akan tampak jaringan di bawahnya yang berwarna merah, bahkan organ tersebut biasanya mati rasa. Wajah terlihat pucat, otot terasa kaku, dan kram. Sebelum frosbite menyerang lebih serus, berikut ini adalah tips pertolongan pertama untuk frosbite.

  1. Segera hentikan perjalanan. Jika memungkinkan bergeraklah ke area bersuhu hangat.
  2. Dirikan tenda atau buat perapian untuk membuat tubuh sedikit lebih hangat.
  3. Ganti pakaian yang lembap dengan pakaian yang baru. Usahakn untuk melapisi dengan plastik setiap pakaian yang di bawa dalam ransel.
  4. Jika dimungkinkan, hangatkan organ yang terkena di dalam wadah yang berisi air hangat. Hangatkan secara perlahan sampai kulitnya berubah menjadi memerah
  5. Hangatkan daerah yang telah sedikit mati rasa. Bisa dengan di atas perapian atau dengan cara memberikan lilitan kain tebal.
  6. Jika daerah yang terkena adalah tangan, cara termudahnya Anda bisa menyelipkan tangan di perut atau ketiak.

Tips di atas merupakan langkah pertolongan pertama untuk frosbite. Jika cedera semakin parah, pertolongan medis harus segera diberikan.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler