5 Kesalahan Dalam Menggosok Gigi
11 September 2013 - dibaca : 2.132 kali

5 Kesalahan Dalam Menggosok Gigi

Menyikat gigi selama satu menit seperti tidak menyikat gigi begitu juga menyikat gigi sehari kurang dari dua kali karena tidak efesien sama sekali.

Berikut adalah beberapa kesalahan dalam menyikat gigi yang harus dihindari agar dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik.

1. Menyikat gigi terlalu singkat dan cepat
Sekitar 80% dari orang yang tidak menyikat gigi, mereka menghabiskan waktu selama lebih dari satu menit. Namun, para ahli memperingatkan bahwa 1 menit tidak cukup untuk menghilangkan bakteri seluruh lapisan yang ada di dalam mulut. Tips yang baik adalah dengan member waktu saat sikat gigi minimal 2 menit.

2. Menyikat gigi tanpa memperhatikan apa yang Anda lakukan.
Banyak ahli setuju bahwa orang-orang cenderung menggunkan tangan kanan menyikat gigi akan cenderung untuk menyikat lebih pada sisi kanan gigi, sedangkan orang kidal akan lebih menekankan pada kuadran sisi kiri. Sangat penting untuk menyikat semua daerah di gigi Anda dalam waktu yang sama pada tiap-tiap sisi atau bagian, dan pastikan untuk tidak mengabaikan bagian gigi dekat gusi karena di sini dapat ditemukan karang gigi yang paling banyak penumpukan plak.

3. Menyikat gigi dengan gerakan sisi ke sisi atau “menggergaji” atau horizontal
Ini adalah kesalahan yang banyak dilakukan, menyikat gigi dengan arah horizontal terus menerus layaknya menggergaji akan lebih banyak merusak email khususnya pada bagian dekat gusi sehingga akan menyebabkan linu di kemudian hari dan juga akan menyebabkan gusi “merosot” karena terkikis oleh sikat gigi. Sebaiknya, pastikan untuk mengikuti gerakan melingkar dengan sikat Anda, yang lebih efisien dalam membersihkan permukaan gigi tanpa melukai struktur alami dari gigi.

4. Menyikat gigi terlalu keras
Ketika Anda menyikat sangat keras, email gigi bisa rusak. Apalagi, jika Anda memiliki gusi sensitif akan lebih lanjut dapat menyebabkan iritasi parah dan bahkan perdarahan dapat terjadi. Jadilah lembut saat menyikat gigi.

5. Menggunakan pasta gigi pemutih terus menerus.
Pasta gigi yang mengandung pemutih untuk gigi memang baik untuk menghilangkan noda dari gigi, tetapi bahan pemutih tersebut mampu merusak jaringan yang keras pada email gigi karena mengandung bahan abrasif. Pastikan untuk mengganti jenis pasta gigi / merek. Gunakan pasta gigi pemutih selama 2 minggu, dan kemudian beralih kembali ke pasta gigi tanpa pemutih secara teratur selama 2 minggu.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler
loading...