Nyeri dan Ngilu Setelah Menambal Gigi
11 September 2013 - dibaca : 4.729 kali

Nyeri dan Ngilu Setelah Menambal Gigi

Drg. Martha Mozartha mengutakan bahwa Tambalan sewarna gigi yang disinar itu adalah Resin Komposit. Penggunaan bahan tambal ini sangat baik dari segi estetis, dan seiring dengan perkembangan teknologi bahan-bahan yg beredar di pasaran sudah memiliki kekuatan yg baik sehingga mampu menahan tekanan kunyah, meski tambalan amalgam masih unggul dlm hal kekuatan & ketahanan jangka panjang. Namun keberhasilan bahan ini sangat bergantung pada beberapa faktor, terutama keterampilan operator. Mengenai nyeri pada gigi Anda, ada beberapa kemungkinan penyebab:

  • Lubang pada gigi sebetulnya sudah terlalu dalam. Bagaimana keluhan gigi sebelum ditambal, apakah pernah sakit spontan? Bila lubang sudah mencapai dentin dan mendekati rongga pulpa, seharusnya diberi pelapis utk pelindung pulpa sebelum ditambal dengan resin komposit. Bila tidak, memang ada kemungkinan gigi menjadi ngilu. Apalagi kalau pengerasan bahan tambal di dasar tambalan tidak sempurna.
  • Kekurangan dari resin komposit adalah bahan ini sedikit menyusut saat mengeras. Pengerasan masih berlangsung selama +/- 24 jam setelah penyinaran. Pada beberapa orang penyusutan ini dapat menimbulkan rasa ngilu/tidak nyaman tapi biasanya hanya berlangsung 1-2 hari.
  • Kesalahan pada tahap-tahap penambalan. Penambalan dengan resin komposit harus didahului dengan beberapa tahapan, yaitu pengolesan permukaan email dengan asam lalu diikuti dengan bahan adhesive lalu baru resin kompositnya.

Kesalahan dalam salah satu tahapan ini berpotensi untuk menimbulkan ngilu . Perlu dipertanyakan, apakah ngilu timbul segera setelah penambalan, ataukah terasa baru-baru ini (setelah ditambal 2 bulan yang lalu)? Bagaimana rasa ngilunya, apakah kalau terkena rangsang makanan/minuman manis/dingin? ataukah terasa spontan berdenyut? Tambalan resin komposit yang tidak adekuat dapat mengalami kebocoran sehingga terjadi karies sekunder (karies di bawah tambalan), namun proses karies ini memakan waktu cukup lama, biasanya usia tambalan sudah lebih dari 6 bulan. Bila perlu, pemeriksaan radiograf (rontgen) dapat dilakukan untuk menunjang diagnosa. Demikian penjelasan saya, bila ada yang masih ingin ditanyakan saya dengan senang hati akan menjawab.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler
loading...