Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
6 Pemicu Sakit Kepala
03 Juli 2013 - dibaca : 1.385 kali

6 Pemicu Sakit Kepala

Apakah anda sering mengalami sakit kepala? Rutinitas sehari-hari bisa saja menjadi penyebabnya. Secara tidak sadar, gaya hidup dan benda-benda di sekitar kita merupakan beberapa dari sekian banyak faktor yang dapat memicu timbulnya sakit kepala. Sebagian besar dari kita tidak menduga bahwa benda-benda seperti telepon ataupun kursi, ternyata bisa menjadi pemicu sakit kepala. Untungnya, sebagian besar pemicu sakit kepala yang tidak terduga seperti ini dapat mudah diatasi. Ada enam pemicu sakit kepala yang mungkin tidak pernah kita duga sebelumnya. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

Hal-Hal Sederhana Yang Bisa Memicu Sakit Kepala

1. Telepon
Meletakkan telepon genggam di antara telinga dan bahu anda untuk panggilan yang berlangsung lebih dari beberapa menit dapat menyebabkan ketegangan pada leher anda. Hal ini akan menyebabkan timbulnya sakit kepala. Untuk menghindari ketegangan di leher, gunakanlah headset atau beralih menggunakan opsi ‘speaker’ bila memungkinkan.

2. Kursi
Kursi ternyata juga bisa menjadi pemicu terjadinya sakit kepala. Apabila kursi yang anda gunakan terlalu besar, maka hal tersebut tidak bisa menyangga punggung anda dengan baik, yang pada akhirnya akan menyebabkan ketegangan dan sakit kepala. Oleh sebab itu, carilah kursi yang tepat, nyaman, dan dapat menopang punggung anda dengan baik.

3. Kopi
Mengonsumsi kopi memang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Namun demikian, apabila mengonsumsinya secara berlebihan setiap harinya, maka anda akan berisiko mendapatkan sakit kepala. Oleh sebab itu konsumsilah kopi sesuai anjuran dan tidak berlebihan. Apabila anda merasa mengonsumsi kopi secara berlebihan, kurangi konsumsinya secara bertahap hingga mencapai satu cangkir kopi saja setiap harinya.

4. Komputer
Menghabiskan banyak waktu di depan layar komputer atau laptop dapat menyebabkan ketegangan di mata dan secara tidak langsung dapat menyebabkan sakit kepala. Cara sederhana untuk mengatasinya adalah dengan mengistirahatkan mata sekali-sekali setiap beberapa waktu (jam/menit). Pada saat itu, berpalinglah dari layar komputer dan fokuslah terhadap suatu objek yang jaraknya sekitar 20 meter dari posisi anda.

5. Minggu malas
Tidak sedikit orang yang bermalas-malasan di hari Minggu dengan bangun lebih siang daripada hari-hari biasa. Bangun lebih siang daripada biasanya dapat membuang kadar kimia otak yang bisa memicu migrain. Maka dari itu, pada akhir pekan, bangunlah seperti hari-hari biasanya.

6. Tas
Membawa tas yang berat, penuh dengan barang, dapat menyebabkan nyeri di bagian leher dan kepala. Oleh sebab itu, bawalah barang seperlunya di tas anda. Kalaupun tidak memungkinkan dan anda harus membawa barang yang cukup banyak, bagilah sebagian barang ke tas-tas kecil lainnya agar bisa dibawa dengan tangan (tidak bahu saja).


Terpopuler