Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
7 Manfaat Wortel Bagi Tubuh
30 Juni 2013 - dibaca : 1.645 kali

7 Manfaat Wortel Bagi Tubuh

Wortel merupakan salah satu sayuran yang paling populer di dunia. Wortel sering dilibatkan dalam berbagai masakan seperti sup ayam atau salad. Selain itu, worteljuga bisa dibuat sebagai jus yang tidak kalah nikmatnya dengan jus buah. Wortel mengandung sekitar 88% air, 7% gula, 1% protein, 1% serat, 1% abu, dan 0,2% lemak. Warna oranye cerah pada wortel sebagian besarnya berasal dari beta-karoten. Wortel kaya akan antioksidan, mineral, dan sejumlah nutrisi lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh.

Ragam manfaat wortel bagi kesehatan tubuh

1. Membantu mencegah kanker
Tingginya antioksidan yang terkandung dalam wortel dapat membantu menurunkan risiko akan kanker. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa wortel bisa membantu mencegah tiga jenis kanker yang sering terjadi yaitu kanker payudara, paru-paru, dan usus besar.

2. Menjaga kesehatan pencernaan
Wortel kaya akan serat yang berperan penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Mengonsumsi wortel akan membuat anda merasa kenyang, sehingga ‘memaksa’ anda untuk makan lebih sedikit.

3. Menjaga kesehatan mata
Wortel merupakan sumber beta-karoten yang kemudian akan diubah menjadi vitamin A. Vitamin A sangat penting bagi kesehatan mata. Mengonsumsi wortel secara rutin akan meningkatkan ketajaman penglihatan anda dan mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia seperti katarak atau degenerasi makula.

4. Anti penuaan
Vitamin A dalam wortel dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan cara menyingkirkan sel-sel yang rusak dan kemudian menggantinya dengan yang baru. Vitamin A dalam wortel juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berbahaya, menghambat penuaan, mencegah jerawat, membantu kulit kering, dan meningkatkan warna kulit

5. Menjaga kesehatan jantung
Sebuah studi menemukan bahwa risiko penyakit jantung bisa diturunkan sebesar 32 persen pada orang yang mengonsumsi wortel sebanyak 88 ons per harinya. Studi lain yang melibatkan orang berusia lanjut menemukan bahwa mereka yang makan secangkir wortel atau labu setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 60 persen. Beberapa penelitian lain juga menunjukkan adanya hubungan antara beta-karoten dan penurunan risiko penyakit jantung.

6. Menurunkan kadar kolesterol
Serat dalam wortel diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, magnesium yang terkandung dalam wortel juga membantu mengatur kadar kolesterol.

7. Membantu menurunkan berat badan
Wortel kaya akan nutrisi namun rendah kalori, di mana hal ini berarti anda dapat mengenyangkan perut anda tanpa mengonsumsi banyak kalori. Selain itu, wortel membantu meningkatkan fungsi metabolisme tubuh karena mengandung asam nikotin untuk memecah lipid (senyawa organik) dan lemak yang ada dalam tubuh.


Terpopuler