6 Manfaat Tidur Siang
30 Juni 2013 - dibaca : 1.887 kali

6 Manfaat Tidur Siang

Apakah anda termasuk orang yang jarang tidur siang? Jika ya, sebaiknya mulai sekarang anda mulai menyempatkan waktu untuk tidur siang. Hal ini karena tidur siang dinilai bermanfaat untuk kesehatan, dan beberapa penelitian sudah membuktikannya. Jika anda mengatakan tidak punya kesempatan untuk tidur siang karena anda seorang karyawan kantoran, maka hal tersebut tidak beralasan. Anda bahkan hanya perlu waktu setidaknya 10 menit untuk tidur siang dan mendapatkan manfaatnya. Hal ini tentunya bisa anda lakukan di jam istirahat kerja dan anda masih mempunyai waktu kurang lebih 40-50 menit sebelum kembali bekerja.

Manfaat tidur siang

1. Meningkatkan konsentrasi
Sebuah penelitian dari NASA menunjukkan bahwa pilot mempunyai tingkat konsentrasi dan fokus yang lebih tinggi ketika mereka menyempatkan waktu untuk tidur siang selama 40 menit.

2. Menigkatkan kinerja otak
Kualitas tidur siang yang baik, dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik. Hal ini menunjukkan bahwa tidur siang dapat emberikan manfaat positif pada otak. Tidur siang sekitar 90 menit dinilai mampu mengurangi rasa lelah secara psikis. Menurut sebuah studi di Australia, tidur siang dapat meningkatkan kekuatan otak. Fakta menunjukkan jika kinerja otak masih tetap tinggi pada orang yang menyempatkan waktunya untuk tidur siang daripada mereka yang tidak sempat tidur di siang hari.

3. Meningkatkan kreativitas
Para ahli telah meneliti mengapa sebagian besar orang cenderung bisa memperoleh inspirasi setelah tidur siang. Mereka akhirnya mengetahui bahwa aktivitas otak pada bagian kanan hemisphere berhubungan dengan kreativitas. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa tidur siang yang berkualitas akan mendorong seseorang untuk lebih baik dalam menangani masalah yang berkaitan dengan kreativitas.

4. Menambah produktivitas
Para ahli sepakat bahwa tidur siang dapat mendorong orang untuk lebih produktif. Maka dari itu, tidur siang tidaklah selalu berarti mengesankan kemalasan. Tidur siang dalam waktu singkat dapat ‘membangungkan’ kembali level produktivitas karyawan, dan bahkan jauh lebih ampuh dibandingkan dengan secangkir kopi.

5. Meningkatkan semangat
Tidur siang walaupun sebentar saja diketahui dapat memperbaiki suasana hati. Jika anda merasa lelah, suntuk, dan tidak bersemangat, maka sebaiknya anda tidur siang untuk menyalakan kembali bara semangat anda.

6. Meredakan stres
Tidur siang adalah cara yang cukup efektif untuk meredakan stres. Sebuah penelitian di tahun 2007 bahkan menunjukkan jika tidur siang dalam waktu singkat dapat memberikan efek menenangkan yang hebat. Setelah tidur siang, pikiran akan terasa segar, hati tenang, dan kehidupan pun akan terasa ringan untuk dijalani.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler
loading...