Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
8 Fakta Mengenai Jerawat
26 Juni 2013 - dibaca : 1.897 kali

8 Fakta Mengenai Jerawat

Satu dari lima wanita pada usia 25-40 tahun menderita jerawat. Itulah mengapa perempuan wajib mengetahui fakta mengenai jerawatdan bagaimaan cara membersihkannya.

1. Komedo

Jerawat biasanya dimulai dengan komedo. Komedo sebenarnya adalah hasil dari sisa minyak dan sel kulit mati yang terjebak di dalam pori-pori kulit, lalu bercampur dengan bakteri.

Komedo berubah menjadi hitam bila terkena udara. Jerawat berkembang ketika komedo mengalami peradangan dan menyebar ketika tangan yang kotor menyentuhnya.

Saat kulit wajah terinfeksi, jerawat menyebar  pada wajah dan dapat menimbulkan bekas luka.

Jadi bagaimana caranya menghilangkan komeda? Dengan cara yang lembut, menurut seorang dermatologist, Seth Matarasso dalam InStyle Magazine.  Kita biasanya menggosok komedo terlalu keras sehingga menyebabkan peradangan, kata Matarasso.

Ketimbang scrub yang kasar, Matarasso menyarankan cobalah exfoliant yang mengandung asam alpha-hydroxy.

Anda juga dapat menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat, seperti susu pembersih. Gunakanlah strip komedo untuk menyingkirkan komedo Anda.

2. Stres, kosmetik yang buruk, hormon dan pil KB

Stres dapat menyebakan minyak berlebih pada wajah. Komestik yang buruk membuat bakteri masuk ke pori-pori wajah.

Sementara hormon menyebabkan kelenjer mengeluarkan minyak lebih banyak. Dan pil KB yang mengandung androgen memicu pertumbuhan jerawat.

Untuk mengontrol minyak berlebih pada wajah, gunakanlah produk anti jerawat yang bebas minyak dan mengandung moisturizing gel.

3. Cokelat

Cokelat tidak menyebabkan jerawat. Penelitian para ahli menyebutkan susulah yang menyebabkan jerawat.

Banyak produk cokelat yang mengandung campuran susu. Jika Anda ingin bebas jerawat, makanlah dark chocolate.

4. Usia

Jika Anda masuk kategori usia dewasa, jangan coba-coba menggunakan produk kosmetik anti jerawat untuk remaja. Karena produk kosmetik remaja tidak akan bekerja pada kulit orang dewasa.

Pilihlah pembersih tetap yang megandung benzoil peroksida dan asam salisilat. Bersihkan wajah dengan lembut, jangan digosok terlalu keras. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

5. Bukan Penyakit

Jerawat bukanlah penyakit, tetapi suatu kondisi pada kulit. Lakukanlah facial secara rutin di salon kecantikan.

Seorang facialist yang baik mengerti secara persis kebutuhan kulit Anda, seperti campuran sulfur, masker kamper, pengelupasan, ekstraksi komedo dan program perawatan di rumah sebagai tindak lanjut dari perawatan di salon.

7. Dokter

Dokter akan membersihkan kulit Anda lebih cepat. Kebanyakan wanita menunggu lama untuk mendatangi dokter ketika mengalami masalah jerawat.

Padahal, dokter memiliki segudang resep untuk membersihkan kulit Anda sesuai dengan tipe kulit Anda.

8. Peralatan Anti Jerawat

Belakangan, beredar perawatan anti jerawat yang bisa digunakan sendiri di rumah, seperti Zeno.

Semacam alat yang berbentuk seperti telepon genggam yang menghasilkan panas yang dapat membunuh bakteri pada wajah serta melancarkan peredaran darah sehingga mempercepat proses penyembuhan jerawat.


Terpopuler