Berkepribadian Agresif Rentan Stroke
06 September 2012 - dibaca : 2.700 kali

Berkepribadian Agresif Rentan Stroke

KOMPAS.com - Waspadalah jika Anda termasuk tipe kepribadian A, dimana Anda mudah tersinggung, gampang stres, kurang sabaran dan sering merasa tegang. Menurut sebuah penelitian, mereka yang bertipe kepribadian A lebih rentan menderita stroke.

Dalam studi terbaru yang digawangi para ilmuwan dari Rumah Sakit Universitario Clinico San Carlos di Madrid, sebanyak 450 responden diteliti. Mereka menemukan penyakit stroke sering terjadi pada orang yang mudah stres dan tegang, bahkan setelah memperhitungan faktor resiko penyebab stroke seperti merokok dan diabetes.

Dalam studi yang telah dipublikasikan dalam Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry, para ilmuwan membandingkan faktor resiko dan tingkat stres di antara 150 orang stroke dan 300 orang sehat. Riset ini menggunakan pengukuran seperti mengevaluasi peristiwa besar dalam hidup, kecemasan dan depresi, kesejahteraan dan tipe kepribadian.

Responden diminta pula mengisi kuesioner berisi gaya hidup mereka. Seperti berapa asupan kafein, alkohol, minuman energi, juga apakah mereka merokok dan apa pekerjaannya.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan, mereka yang memiliki peristiwa kehidupan penuh tekanan pada tahun-tahun sebelumnya beresiko stroke sampai empat kali lipat lebih tinggi. Sementara, mereka yang termasuk kepribadian A beresiko dua kali lipatnya lagi.

Para ahli kesehatan menyambut baik temuan ini. Hasil ini membantu para ahli medis untuk lebih memahami efek dan resiko stres. Dr. Deepak Bhatt, direktur program intervensi jantung terpadu di Bringham mengatakan penelitian ini makin menunjukkan adanya hubungan antara stres, kepribadian tipe A dan resiko stroke.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler