Manfaat bagi Bayi yang Tidur Bersama Ibu
15 Juni 2013 - dibaca : 2.412 kali

Manfaat bagi Bayi yang Tidur Bersama Ibu

Adalah kebiasaan dalam keluarga orang dahulu bahwa seorang bayi harus tidur bersama ibunya. Namun ada sebagian ibu menganggap hal ini sebagai kebiasaan normatif, sehingga memilih tidur terpisah dengan bayi karena berbagai alasan. Namun berbagai studi menunjukkan banyak manfaat bagi bayi tidur bersama ibu. Apa manfaat ibu tidur bersama bayi, bagi kebaikan bayi? Berikut beberapa manfaat yang diperoleh bayi jika ibu tidur dekat bayi.

1. Bayi Tidur Lebih Nyaman

Tidur dekat bayi membuat bayi selalu dapat merasakan kehadiran ibu dengan mendapatkan sentuhan atau mendengar suara ibu. Hal ini akan mengurangi kekhawatiran bayi, sehingga membuat bayi dapat tidur dengan nyaman.

2. Bayi Tidur Lebih Teratur
Pada dasarnya orangtua tidur secara teratur, sehingga bayi juga akan diajak tidur secara teratur.

3. Bayi Lebih Mudah untuk Mendapatkan Akses ASI
Karena ibu selalu berada disamping bayi, ibu akan selalu dapat mengenali jika bayi lapar dan segera memberikan ASI kepada bayi.

4. Bayi Mendapat Perawatan yang Lebih Baik
Bagi bayi yang memakai popok kain (cloth diaper), ibu harus segera megganti popok jika bayi pipis atau poop. Hal ini sangat memungkinkan jika ibu tidur bersama bayi. Ibu juga dapat memberikan perawatan lebih pada bayi yang digigit nyamuk, mengalami ruam popok, dan rasa tidak nyaman lainnya.

5. Kesempatan untuk Mendapatkan Kebersamaan

Hal ini khususnya untuk ibu yang bekerja di luar rumah. Jika siang hari bayi diasuh oleh orang lain, maka saat tidur bersama adalah kesempatan terbaik untuk mendapatkan kebersamaan ibu dan anak.

6. Membantu Pertumbuhan yang Sehat

Bayi yang lebih jarang menangis memiliki pertumbuhan lebih baik. Menangis menghabiskan energi karena saat menangis bayi cenderung menjerit dan meronta. Meskipun menangis dapat bermanfaat bagi bayi, anda harus segera menemukan dan mengatasi masalah yang dihadapi bayi yang membuatnya menangis seperti lapar, pipis, digigit nyamuk, dsb.

7. Mengurangi Resiko Bahaya pada Bayi
Bayi lebih terlindungi dari resiko bahaya seperti gigitan serangga, gejala penyakit mendadak, setelan AC terlalu dingin, kebakaran, dsb.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler