Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Apa Itu Asam Lemak Omega-3?
15 Juni 2013 - dibaca : 3.766 kali

Apa Itu Asam Lemak Omega-3?

Apa yang Dimaksud Asam Lemak Omega-3?
Asam lemak omega 3 adalah nama sekelompok lemak tak jenuh tertentu yang diperlukan tubuh yang tidak dibuat oleh tubuh, melainkan diperoleh dari makanan yang dikonsumsi. Asam lemak omega-3 dianggap sebagai asam lemak esensial. Artinya asam lemak ini esensial bagi kesehatan tubuh tetapi tidak bisa dibuat sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu asam lemak omega-3 harus diperoleh dari makanan khususnya dari ikan dan minyak nabati tertentu.

Ada 3 jenis utama asam lemak omega-3 yang terlibat dalam metabolisma tubuh yaitu asam linoleat-alfa  (Alpha Linolenic Acid, ALA), asam eikosapentanoat (Eicosapentaenoic Acid, EPA), dan asam dokosaheksanoat (Docosahexaenoic Acid, DHA). Sebagian ALA saat dicerna dalam tubuh, akan diubah menjadi EPA dan DHA yang dapat digunakan langsung oleh tubuh.

ALA memiliki struktur molekul yang terdiri dari 3 ikatan ganda dalam satu rantai karbon (C) yang terdiri dari 18 atom karbon. EPA memiliki 5 ikatan ganda dalam satu rantai karbon yang terdiri dari 20 atom karbon. DHA memiliki 6 ikatan ganda dalam satu rantai karbon yang terdiri dari 22 atom karbon.

Makanan Apa yang Mengandung Asam Lemak Omega-3?
Asam lemak omega-3 banyak terdapat pada ikan salmon, sarden, makarel, herring dan tuna. Asam lemak omega-3 juga banyak terdapat dalam minyak nabati seperti minyak kedelai, minyak zaitun, minyak kanola, dan minyak walnut, dan minyak flaxseed.  Asam lemak omega-3 juga terdapat dalam daging sapi, udang, kerang. Beberapa jenis sayuran yang mengandung omega 3 antara lain bayam, selada, dan kol. Beberapa jenis buah yang mengandung omega-3 antara lain jambu biji, alpukat, blueberry, melon cantaloupe, kiwi, mangga, dan pepaya. Beberapa bahan makanan dapat ditambahkan omega-3 sebagai produk makanan yang difortifikasi seperti  pada telur, susu, roti, yogurt, dan pasta.

Apa Manfaat Asam Lemak Omega-3?
Asam lemak omega-3 merupakan sekelompok lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated fat). Lemak ini sangat bermanfaat bagi tubuh dibandingkan lemak jenuh (saturated fat) dan lemak trans (trans fat). Beberapa kegunaan asam lemak omega 3 dalam tubuh antara lain: menurunkan level tekanan darah, mencegah alergi, mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, membantu penyembuhan penyakit dan luka, mengendalikan kadar glukosa darah, melawan depresi, mencegah kanker, dsb.


Terpopuler