Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
12 Manfaat Makan Ubi Jalar
15 Juni 2013 - dibaca : 2.786 kali

12 Manfaat Makan Ubi Jalar

Ubi sering disebut juga ubi jalar atau ubi rambat karena batang pohonnya tumbuh dan berkembang secara menjalar di permukaan tanah. Ubi jalar adalah bahan makanan populer yang sering dimakan dengan pengolahan sederhana seperti direbus, dibakar atau digoreng. Ubi jalar juga digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan berbagai jenis makanan seperti kolak, es krim, dan berbagai jenis kue tradisional maupun modern. Ubi jalar dikenal sebagai bahan makanan yang banyak mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Apa manfaat makan ubi jalar? Berikut beberapa manfaat ubi jalar.

1. Menjaga Kesehatan Mata
Ubi jalar kaya akan vitamin A dalam bentuk beta karoten. Vitamin A dikenal sebagai nutrisi penting bagi kesehatan mata. Semangkok ubi jalar setara dengan 114 gram mengandung sekitar 438% kebutuhan harian vitamin A.

2. Memperkuat Imunitas Tubuh
Ubi jalar kaya akan vitamin C yang diketahui berperan penting menjaga daya tahan tubuh dan bertindak sebagai antioksidan yang melindungi kerusakan sel. Semangkok ubi jalar setara dengan 114 gram mengandung sekitar 22,3 mg vitamin C atau 37% kebutuhan harian vitamin C.

3. Membantu Metabolisma
Ubi jalar kaya akan mineral mangan yang berperan membantu metabolisma karbohidrat dan menjaga kadar glukosa darah tetap berada dalam kadar yang sehat.

4. Melancarkan Pencernaan
Ubi jalar banyak mengandung serat pangan (dietary fiber) yang sangat diperlukan dalam melancarkan pencernaan.

5. Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskular
Ubi jalar banyak mengadung vitamin B6 yang diketahui berperan dalam mencegah penumpukan homosistein (homocysteine) dalam darah. Kadar homosistein tinggi dalam darah meningkatkan resiko penyakit kardiovaskular terutama penyakit jantung dan stroke.

6. Meningkatkan Serotonin Tubuh
Makan ubi jalar dapat menjadi salah satu cara meningkatkan serotonin tubuh. Tryptophan adalah bahan penyusun serotonin. Serotonin adalah bahan kimia tubuh yang berfungsi membantu kerja otak mengelola memori, menjaga mood, dan mengendalikan kerja usus.

7. Mengendalikan Tekanan Darah
Ubi jalar banyak mengandung potassium (kalium) yang diketahui berperan penting mengendalikan tekanan darah.

8. Menjaga Kesehatan Kulit
Ubi jalar banyak mengandung vitamin E yang diketahui sebagai nutrien yang bermanfaat menjaga kulit tetap halus dan sehat.

9. Mengurangi Resiko Depresi
Ubi jalar mengandung magnesium yang dikenal sebagai mineral anti-stress. Kekurangan asupan magnesium dapat mengurangi kadar serotonin dalam tubuh dan meningkatkan resiko stress dan depresi.

10. Mengurangi Resiko Anemia
Anemia atau kondisi kurang darah dapat disebabkan kekurangan asupan zat besi. Makan ubi jalar dapat mengurangi resiko anemia karena ubi jalar banyak mengandung zat besi.

11. Memperkuat Tulang
Ubi jalar banyak mengendung vitamin D yang sangat penting untuk menjaga kepadatan tulang dan mengurangi resiko osteoporosis.

12. Mengurangi Resiko Nyeri Sendi (Arthritis)
Ubi jalar kaya akan zat yang disebut beta-cryptoxanthin yang diketahui berkhasiat mencegah dan mengobati nyeri sendi (arthritis).


Terpopuler