Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Manfaat Kacang untuk Jantung
07 Juni 2013 - dibaca : 1.968 kali

Manfaat Kacang untuk Jantung

Mengonsumsi kacang dapat menurunkan kadar low density lipoprotein (LDL), kolesterol jahat penyebab penyakit jantung. Tak hanya itu, kacang juga bisa mengurangi risiko pembekuan darah penyebab serangan jantung.

Banyak sekali jenis kacang, setidaknya semua jenis tersebut memiliki kandungan yang sangat bagus bagi kesehatan jantung. Antara lain:

  • Lemak tak jenuh. Baik lemak tak jenuh tunggal maupun ganda bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat.
  • Asam lemak omega-3. Kacang kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Asam lemak itu membantu mengurangi risiko terkena serangan jantung secara mendadak. Omega-3 antara lain bisa ditemukan juga di ikan. Namun kacang merupakan sumber omega-3 alami yang terbaik.
  • Serat. Serat bagus untuk menurunkan kadar kolesterol dan membuat perut Anda kenyang sehingga Anda bisa makan sedikit. Serat juga baik untuk menghindari risiko diabetes.
  • Vitamin E. Vitamin ini membantu menghindari risiko penyempitan pembuluh darah dengan menghentikan produksi plak dalam pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah bisa mengakibatkan nyeri dada, penyakit pembuluh darah koroner atau serangan jantung.
  • Plant sterol. Beberapa jenis kacang mengandung plant sterol, senyawa yang bisa menurunkan kolesterol di tubuh Anda. Plant sterol juga bisa ditemukan di produk tambahan, seperti margarin dan jus jeruk, untuk manfaat tambahan bagi kesehatan.

L-arginine. Kacang juga mengandung l-arganine, senyawa yang membantu peningkatan kesehatan dinding pembuluh darah. Bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah yang dapat menghambat aliran darah.


Terpopuler