Manfaat Bonus Probiotik
07 Juni 2013 - dibaca : 1.458 kali

Manfaat Bonus Probiotik

Anda mungkin pernah mendengar bahwa probiotik dapat membantu meredakan masalah pencernaan, termasuk diare dan gangguan iritasi usus.

Kini para peneliti berpendapat, bakteri ‘baik’ yang ditemukan pada yogurt, keju tua dan suplemen itu juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan Anda.

Jantung lebih sehat. Para peneliti di Kanada menemukan, ketika orang-orang dengan kadar LDL atau kolesterol ‘jahat’ tinggi mengonsumsi yogurt yang mengandung strain probiotik Lactobacillus reuteri, kadar kolesterol mereka itu turun hingga 9% dalam enam minggu.

Kecemasan berkurang. Menurut British Journal of Nutrition, orang-orang yang mengasup suplemen dengan kandungan strain spesifik Lactobacillus dan Bifidobacterium longum selama 30 hari lebih sedikit mengalami stres daripada mereka yang tidak mengonsumsi probiotik.

Gigi dan gusi lebih bersih. Berdasarkan sebuah reviu pada 2011, probiotik Lactobacillus reuteri dan Bifidobacterium dapat menurunkan jumlah strain bakteri berbahaya penyebab penyakit gusi dan gigi berlubang.

Selesma dan batuk lebih jarang. Menurut analisis dari 10 studi pada 2011, mengonsumsi suplemen probiotik dapat mengurangi kejadian infeksi saluran pernapasan atas sebesar 12% dan menurunkan jumlah orang yang setidaknya menderita selesma berat.

Nah, untuk probiotik terbaik, Anda bisa mendapatkannya dari sumber-sumber berikut ini:

  • Makanan alami. Kebanyakan bakteri yang menguntungkan ada secara natural dalam yogurt dengan live active culture (kultur hidup) dan makanan yang difermentasi, seperti produk susu perah yang lain dan produk kedelai, tempe dan miso.

Suplemen yang ditargetkan. Pil probiotik mengandung lebih banyak bakteri ‘baik’ daripada yang terkandung dalam makanan, menurut Eric L. Ding, PhD., ahli nutrisi dari Harvard Medical School. Dosisnya bervariasi berdasarkan strainnya, maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui suplemen mana yang tepat.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler