Makanan Ideal Sesuai Usia
07 Juni 2013 - dibaca : 2.335 kali

Makanan Ideal Sesuai Usia

Tak hanya gizi,  selera makan pun berubah.

Seiring dengan bertambahnya usia, ada makanan yang harus Anda konsumsi dan ada juga makanan yang harus Anda hindari.

Usia 20-an - 30-an. Kebutuhan energi Anda cukup banyak karena aktivitas Anda di usia ini sangat tinggi. Anda juga mungkin akan banyak kehilangan zat besi dan perlu untuk banyak mengonsumsi kalsium karena kepadatan tulang pada usia ini mencapai puncaknya.

Makanan yang ideal untuk Anda: jeruk, bayam, salmon, yogurt tanpa rasa, telur, roti dari bahan biji-bijian, pisang, dan makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium tinggi.

Usia 40-an. Hidup Anda mungkin masih sibuk, namun secara fisik Anda tidak akan bisa seaktif dulu. Usia ini merupakan puncak untuk mencegah masalah kesehatan di masa usia berikutnya. Anda memasuki masa pramenopause. Bentuk tubuh dan metabolisme Anda akan berubah. Kolesterol meningkat dan tulang mulai melemah.

Makanan yang ideal untuk Anda: ikan, telur, kacang almon, lemon, apel dan Anda membutuhkan makanan-makanan yang kaya protein, omega-3, zat besi, seng, karbohidrat, vitamin E dan C.

Usia 50-an. Usia ini adalah usia yang tepat untuk meningkatkan asupan antioksidan untuk mencegah penyakit kronis yang sering terjadi di usia tua. Seperti penyakit kardiovaskuler dan kanker. Perbanyak mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan serat untuk kesehatan pencernaan, makanan dengan kandungan fitoestrogen untukmenyeimbangkan hormon dan mengurangi gejala menopause pada wanita, buah-buahan yang mengandung banyak air untuk keseimbangan cairan tubuh Anda.

Makanan yang ideal untuk Anda: kedelai, roti dari biji rami, tahu, sayuran segar, lentil, semangka.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler