Penyebab, Gejala, Diagnosa dan Pengobatan Kolesistitis
27 Mei 2013 - dibaca : 9.146 kali

Penyebab, Gejala, Diagnosa dan Pengobatan Kolesistitis

Kolesistitis adalah penyakit yang sebabkan karena adanya peradangan pada kantong empedu yang menyebabkan sakit perut yang parah.

Penyebab

Penyebab paling umum dari kolesistitis adalah adanya batu empedu atau batu kandung empedu. Hal ini mungkin juga disebabkan oleh infeksi bakteri karena konsumsi alkohol berlebihan sehingga terjadi penumpukan cairan empedu pada kantung empedu.

Adanya batu di kantong empedu dapat menyebabkan  aliran empedu dari kantong empedu ke dalam saluran pencernaan menjadi terhambat.Hal ini bisa menyebabkan infeksi atau bahkan perforasi .

Gejala Kolesistitis

Kolesistitis biasanya menimbulkan rasa sakit/nyeri yang intens di kanan atas atau tengah perut. Rasa Nyeri biasanya tiba-tiba datang dan hilang, perut terasa kram,   Kadang-kadang meluas ke bagian belakang atau di bawah tulang belikat dan biasanya bertambah buruk setelah makan makanan berlemak .

Gejala lain seperti:

- Perut terasa penuh
- Tinja berwarna orange/pucat
- Kelebihan gas pada perut
- Demam dapat terjadi
-  Mulas
-  Mual dan muntah
Menguningnya kulit dan mata (jaundice)

Diagnosa Kolesistitis

Untuk mendiagnosa Kolesistitis membutuhkan perhatian yang berhubungan dengan Kesehatan dan sangat disarankan untuk  berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami tanda-tanda atau gejala tersebut di atas apalagi setelah anda menkonsumsi makanan yang berlemak. Setelah gejala dijelaskan dalam eksplorasi perut tampaknya sangat sensitif bahkan untuk sentuhan di perut bagian kanan atas. Untuk mendapatkan diagnosa yang benar  biasanya di lakukan  Pemeriksaan fisik dan tes darah.

Pemeriksaan fisik berupa ; USG abdomen, CT scan perut,  pemindaian (scan untuk melacak produksi dan aliran empedu) Dalam beberapa kasus akan memerlukan kolesistografi oral dan scan dari kantong empedu dengan kontras.

Kemudian akan ada sebuah penelitian darah dengan permintaan:
- Bilirubin
-  Amilase dan lipase
- Hitungan darah lengkap
- Tes fungsi hati, GOT, GPT fosfatase, GammaGT, alkali

Pengobatan Kolesistitis

Penanganan dan pengobatan Kolesistitis dapat berbeda tergantung pada kondisi pasien dan penyakit yang dideritanya.Pengobatan langsung biasanya dengan pemberian intravena serum dengan antibiotik spektrum luas. Juga biasanya diberikan analgesik untuk nyeri, dan diet rendah lemak.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler
loading...