Definisi, Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan Kandidiasis
27 Mei 2013 - dibaca : 47.435 kali

Definisi, Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan Kandidiasis

Definisi Kandidiasis

Kandidiasis adalah merupakan infeksi jamur yang disebabkan oleh organisme jamur (ragi) yang disebut Candida albicans.

Gejala Kandidiasis

  • Abnormal keputihan, tebal, putih (seperti susu asam).
  • Vagina gatal dan luka.
  • Kemerahan pada vulva.
  • Nyeri saat buang air kecil.
  • Nyeri selama melakukan hubungan seksual.

Penyebab dan faktor risiko Kandidiasis

Candida albicans adalah jamur dimorfik yang mampu untuk tumbuh dalam dua bentuk yang berbeda. Mereka biasanya menghuni permukaan dan lapisan lendir tubuh manusia. Ini termasuk mulut, saluran pencernaan rongga vagina dll.Biasanya ditemukan dalam jumlah kecil di mulut, saluran vagina, pencernaan dan kulit.(sekitar 25% wanita memiliki organisme ini tanpa menimbulkan gejala).

Gejala kandidiasis muncul ketika jumlah jamur tumbuh dan melampaui keseimbangan dalam kaitannya dengan mikroorganisme lainnya yang biasanya ada di vagina. Jamur ini biasanya muncul setelah perawatan dengan antibiotik yang diresepkan untuk hal lain, karena antibiotik mengubah keseimbangan normal organisme dalam vagina. Penyakit ini juga dapat terjadi dalam hubungan dengan penyakit lain seperti diabetes, kehamilan, minum pil atau masalah yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh (AIDS atau HIV).

Gejala yang paling umum dari infeksi ini adalah gatal labial atau vagina (pruritus). Kadang-kadang ada cairan putih pada vagina. Pemeriksaan fisik akan menunjukkan peradangan vagina dan plak putih kering pada dinding vagina.

Kandidiasis vagina tidak dianggap sebagai penyakit menular seksual, tetapi 12 sampai 15% pria mengalami gejala gatal dan pada penis setelah melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang terinfeksi.

untuk infeksi yang tidak mengacu pada terapi atau berulang setelah perawatan, dapat menjadi tanda pertama atau setidaknya tanda bahwa individu terinfeksi HIV .

Wanita dan pria dengan HIV yang telah mengembangkan AIDS mungkin telah menyebar dari infeksi oleh jamur candida, termasuk kandidiasis oral (mulut), kandidiasis esofagus (dalam kerongkongan), dan kandidiasis kutan (kulit).Gejala biasanya menghilang sepenuhnya dengan perawatan yang memadai.

Pencegahan Kandidiasis

Hindari kelembaban berlebihan dalam celana dalam dan pembalut. Pakailah ukuran yang agak longgar. Cuci pakaian olahraga setelah digunakan.

Pengobatan Kandidiasis

Pengobatan dapat dilakukan sendiri dengan krim vagina miconazole atau clotrimazole. Persistent gejala harus dievaluasi oleh dokter kandungan.

Komplikasi

Infeksi berulang kronis dapat terjadi.

Hubungi dokter jika Anda memiliki gejala jamur vagina. (Jika Anda yakin Anda bisa mengobati diri sendiri).Apabila gejala tidak mereda dengan pengobatan krim vagina  yang dianjurkan segera hubungi dokter.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler