Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Apa itu Demam Dengue?
23 Mei 2013 - dibaca : 3.034 kali

Apa itu Demam Dengue?

Demam Dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk. Demam Dengue banyak terjadi di daerah tropis dan subtropis, terutama selama musim hujan.
Terdapat 4 jenis virus Dengue yang berbeda Den1 – Den4, tetapi tidak semuanya ada di Flores. Orang yang telah terinfeksi dengan jenis virus Dengue tertentu akan menjadi resistan/tahan terhadap jenis tersebut dan tidak akan terinfeksi lagi oleh jenis yang sama (contoh: bila sudah pernah menderita infeksi virus dengue jenis Den3, tidak akan terinfeksi lagi oleh jenis virus dengue Den3, tetapi kemungkinan terserang virus dengue tipe lain selain Den3).
Orang yang sudah pernah terinfeksi dengan virus dengue sebelumnya kemudian terkena infeksi oleh virus dengue lagi, dapat menjadi Demam Berdarah Dengue (Dengue Haemorrhagic Fever). Kondisi ini umumnya terjadi pada anak yang lebih besar dan orang dewasa.
Pada kondisi yang lebih parah/ bahaya dapat terjadi Sindroma Syok Dengue (Dengue Shock Syndrome) paling sering terjadi pada balita dan anak anak.
Wisatawan dari daerah non-endemik Dengue berisiko rendah untuk terjangkit Demam Berdarah.

Bagaimana saya bisa terinfeksi Demam Dengue?
Orang bisa terinfeksi virus Dengue ketika mereka digigit oleh nyamuk Aedes betina, terutama dari jenis Aedes aegypti. Nyamuk jenis ini biasa menggigit pada siang hari terutama dua jam setelah matahari terbit atau dua jam sebelum matahari terbenam.
Banyak kasus terjadi di wilayah perkotaan yang padat pemukiman penduduk (nyamuk Aedes ini sering ditemukan di dekat lingkungan manusia).

Bagaimana saya tahu jika saya terkena Demam Dengue?
Gejala penyakit dari virus Dengue dapat timbul dalam 3-14 hari (biasanya 4 -7 hari) dengan sakit yang bersifat bifasik/ naik – turun - naik. Di mulai dengan serangan sakit kepala berat yang mendadak lalu diikuti oleh demam tinggi serta nyeri sendi dan otot secara perlahan dalam 3 sampai 5 hari, dengan timbul bintik-bintik merah pada seluruh tubuh (tetapi tidak selalu) kemudian terjadi penurunan suhu tubuh sampai normal, di lanjutkan demam timbul kembali disertai bintik-bintik merah yang lebih parah.

Pada Sindroma Syok Dengue juga dimulai dengan demam dan sakit kepala, tetapi gejala saluran pernapasan dan pencernaan lebih menyolok, terjadi Trombositopenia (jumlah sel trombosit lebih rendah dari angka normal orang sehat) dan hemokonsentrasi (peningkatan konsentrasi sel darah merah) sebagai ciri khasnya, dan jaundis (kulit dan bagian putih mata menjadi kekuningan) dapat terjadi. Namun yang harus diwaspadai adalah keluhan dan gejala bisa sangat berbeda dari satu pasien ke pasien lainnya.

Apa yang harus dilakukan jika terjangkit Demam Dengue?
Tingkat kematian yang disebabkan oleh Demam Dengue sangat rendah dan penyakit ini segera membaik di minggu kedua, namun pemulihan kesehatan bisa lebih lama. Pada Demam Berdarah tanpa perawatan medis, tingkat kematian adalah 10% atau lebih tinggi, namun dengan terapi pendukung, tingkat kematian kurang dari 1%.

Jika anda mencurigai Demam Dengue sebagai penyebab demam, yang penting di lakukan adalah:

  • Minum cairan yang cukup seperti air, jus atau sup
  • Istirahat total
  • JANGAN minum obat yang mengandung asam asetilsalisilat (seperti Aspirin) dan obat anti inflamasi non-steroid (seperti Ibuprofen).

Demam Dengue bisa menjadi situasi medis gawat dan gejala-gejalanya hampir sama dengan penyakit lainnya.
Konsultasikanlah segera ke dokter terdekat untuk memperoleh informasi lebih jauh dan perawatan medis.

Bagaimana cara melindungi diri dari Demam Dengue?
Demam Dengue memiliki konsekuensi yang sangat serius karenanya diperlukan tindakan pencegahan khusus bagi setiap wisatawan yang melakukan perjalanan termasuk destinasinya.

  • Karena nyamuk adalah vektor pembawa virus Dengue, maka diharuskan untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk pada siang dan malam hari;
  • Gunakan produk pembasmi nyamuk yang handal (yang mengandung DEET atau ikaridin);
  • Gunakan kelambu saat tidur dan pastikan jendela-jendela yang terbuka telah terpasang kasa jaring nyamuk;
  • Kenakanlah pakaian berlengan panjang dan celana panjang pada malam hari.

Belum ada vaksin atau obat untuk mencegah Demam Dengue!


Terpopuler