Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Demam Berdarah Dengue
19 Mei 2013 - dibaca : 11.793 kali

Demam Berdarah Dengue

Definisi Demam Berdarah

Demam dengue dan demam berdarah dengue adalah penyakit disebabkan oleh infeksi virus dengue, yang termasuk dalamflavivirus, keluarga flaviridae. Flavivirus merupakan virus dengandiameter 30 nm terdiri dari asam ribonukleat rantai tunggal dengan berat molekul 4x106Terdapat empat serotype virus yaitu DEN-1,DEN-2, DEN-3 dan DEN-4 yang semuanya dapat menyebabkandemam dengue atau demam berdarah dengue. Keempat serotypeditemukan di Indonesia dengan DEN-3 merupakan serotypeterbanyak. Terdapat reaksi silang antara serotype dengue denganflavivirus lain seperti yellow fever, japanese enchepalitis dan West Nile virus. Dalam laboratorium virus dengue dapat bereplikasi padahewan mamalia seperti tikus, kelinci, anjing, kelelawar dan primata.

Dengue merupakan penyakit tropis dan virus penyebabnya bertahan dalam suatu siklus yang melibatkan manusia dan Aedesaegypti. Aedes aegypti adalah sejenis nyamuk rumah yang lebihsenang menggigit manusia di siang hari. Dengue ditularkan olehnyamuk Aedes aegypti betina, yang lebih menyukai untuk menyimpan telurnya di dalam wadah yang berisi air bersih danterletak di sekitar habitat manusia.

Siklus transmisi virus di dalam tubuh manusia:

1.Virus masuk ke dalam tubuh manusia melalui liur nyamuk

2.Virus berkembangbiak di dalam organ target, misalnyakelenjar getah bening dan hati

3.Virus dilepaskan dari organ tersebut dan melalui darahmenyebar untuk menginfeksi sel darah putih dan jaringan getah bening lainnya

4.Virus dilepaskan dari sel darah putih dan jaringan getah bening lainnya dan beredar di dalam darah.

Siklus transmisi virus di dalam tubuh nyamuk:

1.Nyamuk menelan darah yang mengandung virus

2.Virus berkembangbiak di dalam usus, indung telur, jaringansaraf dan lemak tubuh nyamuk; kemudian virus masuk ke dalamrongga tubuh dan menginfeksi kelenjar liur nyamuk

3.Virus berkembangbiak di dalam kelenjar liur dan jika nyamuk menggigit manusia lainnya, maka siklus transmisi akan berlanjut.

4.Pada kebanyakan kasus, demam dengue akan sembuh dengansendirinya dan tidak pernah berkembang menjadi DHF.

Beberapa faktor resiko yang berperan dalam berkembangnyademam dengue menjadi DHF adalah:

  • Jenis dan serotipe virus (DHF bisa terjadi padainfeksi primer oleh virus serotipe tertentu)
  • Adanya antibodi anti-dengue akibat infeksisebelumnya atau akibat berpindahnya antibodi dari ibu ke janin yang dikandungnya.
  • Faktor genetik (misalnya faktor ras tampaknya berperan karena berdasarkan data, di Kuba DHF lebih banyak ditemukan pada orang kulit putih)
    Usia (di Asia Tenggara, DHF lebih banyak menyerang anak-anak, sedangkan di Amerika DHF bisamenyerang semua kelompok umur).
  • Resiko yang lebih tinggi pada infeksi sekunder
  • Resiko yang lebih tinggi dari lokasi dimana lebih dari2 serotipe virus beredar secara bersamaan pada kadar yangtinggi (transmisi hiperendemik)

Kenali ciri ciri penyakit demam berdarah. Tujuannya agar segera mendapat pertolongan sedini mungkin dan resiko yang tinggi pada penyakit ini bisa diminimalkan.

Sebagai daerah tropis, Indonesia termasuk salah satu negara yang penduduknya rentan terkena penyakit demam berdarah. Karena nyamuk yang menjadi sebab utama dari terjangkitnya penyakit ini memang hanya bisa hidup di daerah tropis saja.

Nyamuk yang dinamakan Aedes aegypti ini membawa virus dan menularkannya kepada manusia melalui gigitan pada kulit. Masyarakat perlu waspada, karena bila tidak segera mendapat penanganan bisa menimbulkan resiko yang fatal, bahkan bisa menyebabkan kematian.


Ciri ciri demam berdarah

Adapun ciri ciri demam berdarah bila sudah menyerang manusia adalah:

  1. Tanpa sebab yang jelas tiba-tiba suhu badan bisa naik disertai dengan demam dan panas selama dua sampai tujuh hari berturut-turut.
  2. Demam tersebut tidak bisa sembuh meski sudah diberi obat penurun panas dan demam.
  3. Perut terasa mual dan selalu ingin muntah serta nyeri. Selain itu nafsu untuk makan dan minum hilang.
  4. Nafas menjadi tidak normal dan sesak.
  5. Otot di seluruh bagian tubuh terasa pegal dan nyeri.
  6. Mata terasa tidak nyaman untuk melihat, terutama ketika memandang ke samping.
  7. Kepala mudah pusing dan pening serta terasa berat.
  8. Kulit menjadi nampak kemerahan, terutama di bagian muka.
  9. Proses BAB menjadi tidak lancar dan bila keluar warnanya juga tidak normal (hitam).
  10. Bila suhu badan terus meninggi, kepala terus pusing dan terjadi muntah darah serta hilang kesadaran.


Pertolongan pertama pada penderita demam berdarah :

Bila seseorang kondisi tubuhnya telah menunjukan ciri ciri demam berdarah seperti yang diuraikan di atas, maka pertolongan pertama yang perlu diberikan adalah :
Berilah air minum sebanyak-banyaknya untuk menghindari terjadinya kekurangan cairan di tubuh penderita.

Berilah kompres di bagian kepala dengan kain atau handuk yang dicelup pada air dingin untuk menurumkan deman dan pusingserta panas.

Berilah makan makanan yang mengandung trombosit, misalnya jambu biji merah.

Usahakan agar penderita terus mendapat asupan makanan yang cukup, meski nafsu makannya tidak ada.

Setelah melakukan empat hal di atas namun penderita tidak menunjukan adanya kemajuan yang berarti dan ciri ciri demam berdarah tidak hilang, maka segera saja dibawa ke rumah sakit agar bisa mendapat pertolongan dan pengobatan secepatnya dari dokter.

Mencegah timbulnya penyakit demam berdarah

Mencegah lebih bagus dari pada mengobati. Demikian pula untuk penyakit demam berdarah. Agar kita tidak mudah terkena penyakit tersebut, maka langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah :
Selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama di musim hujan. Nyamuk penyebar virus demam berdarah sangat suka tinggal di tempat yang ada genangan airnya, Untuk itu buang benda-benda yang sekiranya bisa dijadikan tempat untuk bersarang nyamuk.

Misalnya, botol bekas, gelas dan lain-lain. Tidak lupa selalu menguras bak mandi bila sudah kotor. Selain itu saluran pembuangan air limbah diusahakan terus mengalir dengan lancar hingga tidak menimbulkan genangan.

Lakukan pengasapan bila populasi nyamuk sudah terlalu banyak dan tidak bisa dikendalikan. Apalagi bila sudah ada korban yang jatuh.

Nyamuk penyebar penyakit demam berdarah suka berkeliaran terutama di pagi dan siang hari. Bila ingin tidur pada waktu-waktu tesebut, selalu gunakan selimut, terutama bagi anak-anak.

Selalu melakukan kebiasaan pola hidup sehat dan teratur.

 

Obat Peningkat Trombosit

Herbal :

Jus Jambu Biji Merah

Jus Kurma

Buah Bit

Angkak

Medis :

Trombuvit

Trolit

Disertai dengan Infus, Vitamin, Penurun Demam.


Terpopuler