Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Waspada, Kandungan Timbal pada Lipstik
06 Mei 2013 - dibaca : 3.192 kali

Waspada, Kandungan Timbal pada Lipstik

Peneliti temukan kandungan logam beracun dalam level tertentu yang dapat berbahaya bagi kesehatan penggunanya.

Lipstik merupakan salah satu kosmetik yang tak dapat dipisahkan dari sosok wanita. Meski demikian, kaum hawa harus lebih berhati-hati untuk memilih jenis lipstik dan lipgloss. Dalam sebuah pengujian ilmiah, para peneliti menemukan kandungan logam beracun dalam level tertentu yang dapat berbahaya bagi kesehatan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Environmental Health Perspectives pada (2/5), menemukan kandungan timbal, aluminium, kadmium, kobalt, kromium, tembaga, mangan, nikel, dan titanium di dalam 32 jenis lipstik dan lipgloss yang biasa digunakan oleh para wanita muda Asia yang berada di Oakland, California, Amerika Serikat.

Sa Liu dari University of California, Berkeley, mengungkapkan lebih dari 75 persen dari sampel yang diteliti mengandung bahan berbahaya dan 50 persennya memiliki kandungan melebihi batas yang disarankan oleh United States Food and Drug Administrations (FDA).

Jika kadmium dan kromium dikonsumsi secara berlebih, dapat menyebabkan karsinogenisitas dan gangguan fungsi imun. Sementara konsumsi mangan berlebih dapat mengakibatkan masalah neurologis atau gangguan fungsi saraf manusia.

Memang kosmetik selama ini tidak termasuk dalam cakupan produk yang diteliti oleh FDA. Namun ke depannya, kosmetik juga termasuk dalam produk yang diujikan di laboratorium sebelum dipasarkan ke konsumen. "Sebagian besar merek yang kami teliti, umumnya tersedia di toko-toko dan mudah didapatakan," ujar Sa Liu.


Terpopuler