Meningkatkan Trafik dengan Google+
02 Mei 2013 - dibaca : 8.466 kali

Meningkatkan Trafik dengan Google+

Anda hendak meningkatkan trafik ke website atau toko dalam jaringan (daring/online)? Jangan khawatir, karena bermacam perangkat kini telah tersedia di internet, salah satunya adalah Google+. Dengan menggunakan Google+, Anda dapat meningkatkan trafik. Dengan menyertakan update Google+ ke hasil pencarian Google, Anda dapat menyebarluaskan kata-kata Anda ke seluruh penjuru dunia.

Untuk Anda ketahui, Google sudah bertahun-tahun terlibat di dalam bisnis mesin peramban (search engine). Karena itu, tidak mengherankan bila mereka benar-benar paham apa yang sebenarnya dicari oleh para pengguna internet. Google telah belajar bahwa orang-orang mau melihat hasil pencarian berdasarkan profil media sosial. Oleh sebab itu, Google pun menyertakan hasil pencarian berdasaran profil media sosial.

Nah, pada kesempatan kali ini, artikel ini hendak membahas tentang bagaimana mengarahkan trafik ke website dengan Google+. Ya, sekarang Google sudah menyertakan update Google+ dan +1 (+1 adalah versi Google untuk Facebook Like) dalam pencarian Google.

Saat ini, ketika Anda mencari di Google, Anda akan melihat posting dari seseorang yang Anda ketahui, atau seseorang yang mengenal seseorang yang Anda ketahui. Anda akan melihat tampilan wajah diikuti dengan hasil pencarian. Google akan mengikutkan pula website yang lainnya dalam hasil pencarian walaupun Facebook dan Twitter menolak Google, sehingga Google tak dapat mengindeks posting pada kedua website jejaring sosial tersebut.

Berikut di bawah ini, uraian dari 8 cara meningkatkan trafik websitedengan Google+:

  1. Anda harus memakai kata kunci (key word) "mereka", bukan punya Anda. Kita acap kali bicara terlalu kompleks dan rumit dengan memakai istilah industri atau dialek yang terlalu teknis, sehingga kita pun memakai pembicaraan tersebut ke dalam kata kunci (key word). Yang menjadi masalah di sini adalah, bisa jadi pelanggan Anda justru tidak memakai kata atau frasa tersebut.

    Sebagai contoh adalah website "Fort Williams Park". Karena sebagian besar pelanggan mengetahuinya sebagai "Portland Headlight", maka mereka memakai kata kunci ini ke dalamwebsite.Tempatkan kata kunci yang dikenal dan diketahui oleh calon pelanggan Anda ke halaman "About" dan pada profil media sosial. Anda harus selalu ingat untuk memakai kata kunci (ini di dalam update status dan gambar yang Anda share ke para pengguna internet.

  2. Anda harus memastikan bahwa lebih besar itu adalah lebih baik. Awalnya, Banyak orang mengira bahwa keterikatan jauh lebih baik bila dibandingkan dengan sekadar jumlah follower. Sebagai contoh saja, 8.000 follower yang terikat dengan Anda dibandingkan dengan 80.000 follower yang tidak memedulikan Anda. 

    Akan tetapi, hasil terakhir menunjukkan bahwa semakin banyak follower pada Google+, maka hal tersebut akan semakin baik. Semakin banyak follower, berarti akan semakin meningkatkan hasil pencarian Google. Nah, untuk semakin menumbuhkan follower, berikut beberapa langkahnya.

    Pertama, biarkan orang lain mengetahui bahwa Anda memiliki halaman Google+. Letakkan badge (http://widgetsplus.com/) ke dalam website Anda. Beri tahu pelanggan agar menempatkan Anda ke circle. Ikut sertakan tautan Anda atau versi cantik tautan Anda (www.gplus.to/) ke dalam surat elektronik (surel/e-mail) dan publikasi versi cetak.

    Kedua, pastikan semua karyawan Anda mempunyai profil di Google+, dan pastikan pula mereke mem-follow halaman brand. Ajak mereka untuk membagi posting Anda, kemudian memberikan ”+1” pada posting tersebut.

  3. Anda harus melatih mesin Google. Pencarian Google secara terus-menerus akan mengategorisasikan dan mengindeks informasi secara berkala dan kontinu. Sebagai tambahan, pada hasil pencarian Google mengikut sertakan posting people dan pagespada Google+. Anda akan bisa melihatnya pada kotak People and Pages on Google+.

    Walaupun belum semua pencarian memiliki fitur tersebut, tetapi bila Anda bisa terdaftar pada kotak People and Pages on Google+, Anda akan bisa meningkatkan peluang meningkatkan trafik. Oleh sebab itu, latihlah Google agar mengetahui bagaimana mengategorisasikan halaman Anda dengan mem-posting dengan tema yang serupa dan memakai kata kunci yang konsisten. Bila Anda memposting pada tema yang serupa, Anda mengondisikan Google untuk mempromosikan halaman website Anda pada pencarian tersebut.

  4. Anda harus menggunakan penanda authorship. Google mendukung penanda authorship. Dengan cara tersebut, Anda dapat men-tag pekerjaan Anda, sehingga Google akan menampilkan apa yang pernah Anda tulis ke dalam halaman pencarian. Google akan mengumpulkan semua hal yang pernah Anda tulis, sehingga akan dapat memudahkan seseorang yang sedang mencari Anda.

  5. Anda harus memberikan tautan. Ada cara lain untuk membantu Google agar dapat mengetahui bagaimana mengategorisasikan website Anda, yaitu dengan menyertakan tautan website bisnis Anda atau blog ke dalam profil dan halaman brand. Demikian pula dengan sebaliknya, Anda bisa menyertakan tautan ke profil Google+ atau halaman brand ke dalam website atau blog. Anda dapat memakai badge creator (https://developers.google.com/+/plugins/badge/config) atau WidgetsPlus (http://widgetsplus.com/) yang menawarkan desain yang fleksibel.

  6. Anda harus membuat semenarik mungkin. Google mengatakan, Anda dapat tampil di hasil pencarian dengan mengirimkan posting sebanyak mungkin dan buatlah agar semakin banyak orang yang tertarik dan terhubung dengan posting Anda.

    Salah satu cara untuk mengukur seberapa banyak orang yang tertarik dan terhubung adalah dengan menggunakan tool Google+ yang bernama "Ripples". Ripples memberitahukan siapa saja yang membagi posting Anda dan siapa yang paling memberikan pengaruh. Semakin banyak Anda berbagi dengan siapa saja yang berpengaruh, maka akan semakin banyak pula keterkaitan dan hubungan yang akan Anda dapatkan. 

    Bila Google melacak semua keterkaitan dan hubungan yang terjadi, akan semakin berpengaruh pula terhadap hasil pencarian. Anda buatlah semenarik dan seatraktif mungkin serta hubungan dengan memberikan +1 pada posting orang lain.Pada Google+, ada 2 cara yang terbaik saat berbagi. Pertama, bagilah sesuatu yang benar-benar praktis dan membantu bidang yang Anda geluti. Kedua, bagilah sesuatu yang lucu, unik, dan menghibur banyak orang.Bila Anda dapat melakukan kedua hal tersebut tadi, para pengguna Google+ akan meresponsnya secara baik dan positif.

  7. Anda harus menggunakan tombol +1Pada sebagian besar pencarian Google, Anda bisa menemukan opsi atau pilihan ke hasil "+1". Google memakai hasil +1 di dalam peringkat pencarian. Pada bulan Desember 2011 lalu dalam acara Mediapost Search Insider Summit, Google mengatakan bahwa +1 dan Google+ akan menjadi faktor yang sangat signifikan di dalam pencarian Google
  8. Anda harus memakai gambar dan video. Anda mungkin akan mengklik sebuah tautan dikarenakan suatu gambar, bukan karena suatu tulisan. Saat ini, hasil pencarian Google menyertakan gambar. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa Anda telah menyertakan foto dan atau gambar ke dalam profil Google+, dan halaman brand. Selain itu tadi, Anda harus memastikan pula untuk menyertakan kata kunci ke dalam isian ”alt” pada semua gambar diwebsite Anda.

Pengaruhnya terhadap Bisnis

Google Search ditambah dengan Google+, berarti semua orang akan dapat melihat rekomendasi dari koneksi jejaring sosial ke dalam hasil pencarian Google. Hal tersebut tentu akan berpengaruh sangat besar bagi bisnis.

Orang lain akan dapat melihat pembuktian sosial, yaitu pembuktian bahwa orang-orang akan menyukai diri Anda dan bisnis Anda, serta website Anda. Dan Google menawarkan itu semua.Hal ini menjadikan Google+ semakin mempunyai arti penting bagi bisnis Anda. Walaupun bisa jadi pelanggan Anda belum aktif di sana, tetapi Anda harus melakukannya demi kepentingan strategi Search Engine Optimization (SEO).

Dengan melakukan hal yang sederhana, misalnya dengan mengirimkan posting secara berkala dan konsisten dengan tema yang sama, maka akan menumbuhkan follower Google+. Dengan begitu, Anda bisa membantu Google mengarahkan lebih banyak pelanggan ke website Anda. Dengan banyak pelanggan, secara langsung berarti Anda telah meningkatkan trafik ke website Anda.

 

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler