Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Seluk Beluk Domain
02 Mei 2013 - dibaca : 7.301 kali

Seluk Beluk Domain

Bagi para pengguna internet istilah domain tentu sudah tidak asing lagi. Ada ribuan domain yang bisa kita temukan setiap kali kita menjelajah internet. Namun tidak ada salahnya kita mengenal  lebih jauh mengenai domain, jenis domain, dan fungsinya. Karena di era teknologi informasi ini, peran internet semakin penting. Dan kebutuhan akan websitesemakin diperlukan.

Kini website tidak hanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan bonafide saja, bahkan orang secara personal juga bisa memiliki website. Nah, bagi Anda yang sedang menjalani bisnis atau sedang merintis sebuah bisnis, Anda perlu menyimak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih jauh tentang domain yang akan menjadi nama untuk website Anda. 

Domain - Pengertian dan Sistem Penamaan Domain     

Setiap nama atau alamat URL yang Anda ketikkan pada web browser Anda ketika Anda ingin membuka situs tertentu, itulah yang disebut domainDomain adalah nama sebuah situs atau semacam alamat yang akan memudahkan siapapun yang akan mengakses situs tersebut. Alamat IP berupa rentetan angka yang panjang digunakan untuk mengakses informasi diserver komputer. Nama domain juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari situs web seperti contohnya Wikipedia.org, Yahoo.com, atau Ugm.ac.id. Nama domain oleh sebagian orang disebut dengan URL atau alamat sebuah website. Nama domain kini tidak hanya terbatas dituliskan dengan 26 huruf abjad latin, tapi dengan sistem internasionalisasi nama domainmaka abjad-abjad asing lainnya juga bisa digunakan. 

Sistem Penamaan Domain      

Sistem yang menyimpan data nama host, nama domain, di dalam jaringan komputer atau internet disebut sebagai Sistem Penamaan Domain atau Domain Name System (DNS). DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Servis penting untuk internet, disuplai oleh DNS. Dalam pengertian sederhana, DNS bisa dianggap sebagai buku telepon internet. Untuk membuat nama domain ada aturan-aturan yang harus ditaati. Nama domain biasanya terdiri dari dua bagian atau lebih yang disebut label, dan dipisahkan dengan titik. Berikut ini adalah komponen yang harus ditaati dalam proses penamaan sebuahdomain

Top Level Domain (TLD)

Jika Anda memperhatikan nama domain setelah titik bisa berupa .com, .org, .net, .edu, dan sebagainya maka itu yang disebut dengan Top Level Domain (TLD). TLD ini adalah ekstension dari sebuah domain yang berada di belakang titik. TLD terdiri dari dua kelompok, yaitu country code Top-Level Domains (ccTLD) dan generic Top-Level Domains (gTLD).Country code Top-Level Domains (ccTLD) adalah nama domain yang berupa kode negara, misalnya .id untuk kode negara Indonesia, .us untuk kode negara United States, .uk untuk kode negara United Kingdom, .fr untuk kode negara Perancis, dan sebagainya. Sementara itugeneric Top-Level Domains (gTLD) adalah nama domain yang biasa digunakan oleh umum, seperti .net, .com, .edu, .org, .gov, dan sebagainya.  

Second Level Domain (SLD)

Second Level Domain (SLD) adalah nama yang ada di sebelah kiri TLD. Misalnya Facebook.com, maka Facebook adalah SLD dan .com adalah TLD. 

Lower Level Domain

Nama-nama domain yang ada di sebelah kiri SLD bisa bertingkat dan digolongkan dalamThrid Level Domain, Fourth Level Domain, Fifth Level Domain, dan seterusnya. Namun pada umumnya nama domain hanya sampai pada SLD, karena jika lebih dari itu maka namadomain akan menjadi sulit diingat.

Domain Indonesia

Penamaan domain-domain asal Indonesia dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Nama Domain Internet Indonesia). Ada beberapa kategori nama-nama domain yang digunakan di Indonesia, masing-masing juga memiliki fungsinya sendiri, yaitu: 

  • .AC.ID digunakan untuk website perguruan tinggi, institut dan sejenisnya.
  • .WEB.ID digunakan untuk website pribadi atau komunitas.
  • .CO.ID digunakan untuk website komersial, badan usaha dan sejenisnya.
  • .NET.ID digunakan untuk website penyedia jasa telekomunikasi yang berlisensi.
  • .GO.ID digunakan untuk website institusi pemerintah dan sejenisnya
  • .SCH.ID digunakan untuk website sekolah.
  • .MIL.ID digunakan untuk website instansi militer.
  • .OR.ID digunakan untuk website organisasi.


Nama Domain Penting Untuk Mencapai Tujuan   

Nama domain penting untuk mencapai tujuan membuatan website. Pemilihan nama domainyang salah akan berakibat fatal pada situs atau website. Resiko dari penamaan domain yang salah adalah website akan menjadi sepi bahkan tidak ada pengunjung sama sekali. Sebaiknya pemilihan nama domain menggambarkan website yang dibuat. Nama domain tidak harus panjang, tapi harus unik dan mudah diingat oleh orang lain. Saat ini banyak registraryang menyediakan domain dan hosting indonesia dengan fitur yang bersaing. Harga yang ditawarkan pun sangat bersaing, mulai dari yang gratis hingga jutaan rupiah. Semuanya tergantung dari kategori nama domain. Nama domain lokal atau  Indonesia tentu lebih murah dari domain internasional. 

Cara Beli Nama Domain       

Nama domain dapat dibeli dengan mudah dari banyak registrar domain yang tersedia di internet. Namun sebelum memutuskan untuk membelinya, Anda harus memastikan bahwaregistar tersebut memiliki sertifikat resmi. Untuk membeli nama domain, hanya perlu mengunjungi salah satu situs nama pendaftar domain. Hal terpenting yang harus diingat sebelum membeli nama domain adalah selalu daftarkan nama dan email Anda sendiri  Dan selalu ingat untuk memperbarui nama domain Anda agar tidak diambil orang lain. Caranya adalah dengan memperpanjang kontrak domain melalui registrar domain

Para registrar domain umumnya menawarkan harga yang bervariasi untuk sebuah domain.Domain dengan nama khusus biasanya akan lebih mahal dari domain dengan nama yang umum. Para registrar domain umumnya membuka harga mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah untuk sebuah domain. Biaya tersebut tidak termasuk biaya pengelolaan, dan harus diperpanjang setiap periode kontraknya habis.     

Bagaimana Membuat dan Mengelola Web? 

Setelah memiliki domain, tentu kita ingin segera membangun website milik kita sendiri. Caranya adalah bisa menggunakan jasa orang lain atau membuat sendiri. Untuk belajar membuat website kita sendiri, bisa dimulai dengan mempelajari HTML lalu belajar PHP dan terakhir belajar MySQL. Pengetahuan ini sangat berguna, terutama bila kita ingin membangun sebuah bisnis online. Materi pembelajaran tersebut dapat diakses melalui situs-situs yang bisa dicari dengan cara googling, atau dengan membaca buku panduan membuat website

Manfaat  Website untuk Bisnis

Website sangat berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah bisnis yang berbasis internet marketing. Website akan menjadi sarana promosi yang efektif, dengan akses yang tak terbatas. Dapat menjadi ajang menuangkan ide, menyampaikan pesan bisnis, menjual produk atau jasa secara langsung atau tak langsung. Website untuk bisnis dapat dibuat dengan memanfaatkan domain gratis seperti Wordpress.com atau Blogger.com dan lain-lain. Namunwebsite bisnis sebaiknya dibuat dengan domain sendiri, agar kontrol bisa dilakukan secara optimal. Selain memang bertujuan untuk mempromosikan bisnis, kita bisa juga menhgasilkan uang  melalui website, bahkan dengan menggunakan domain gratis. Intinya kita harus kreatif memaksimalkan potensi yang ada dalam website kita. Tertarik untuk mencoba? Selamat mencoba!


Terpopuler