Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Topologi Jaringan Internet
02 Mei 2013 - dibaca : 2.506 kali

Topologi Jaringan Internet

Topologi merupakan gambaran struktur jaringan atau bagaimana sebuah jaringan didesain. Adapun jenis topologi yang sering digunakan dalam membangun sebuah jaringan, yaitu topologi star, topologi token ring, dan topologi bus.

Di antara topologi tersebut, topologi star merupakan salah satu bentuk yang sangat sering digunakan selain kemudahan dalam instalasi, topologi ini juga dapat lebih mudah mengindentifikasi kerusakan pada jaringan.

Masing-masing topologi mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Pada topologi star masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau hub. Pada jaringan ini, jika salah satu workstation terputus dari jaringan, tidak akan menggangu konerja workstation lain karena masing-masing langsung terhubung ke Hub.

Pada topologi token ring atau sering disebut juga topologi ring saja, semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk satu pola lingkaran atau cincin. Sedangkan pada Topologi Bus, seluruh workstation dan server dihubungkan menggunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat.


Terpopuler