Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Sistem Jaringan Internet
02 Mei 2013 - dibaca : 2.353 kali

Sistem Jaringan Internet

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel maupun dengan sistem wireless sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan.

Sementara itu, Internet dikatakan sebagai sebuah sistem jaringan yang terbentuk dari beragam kumpulan sub-sub jaringan komputer yang tersebar di berbagai belahan bumi.

Sistem jaringan internet banyak sekali dimanfaatkan oleh sebuah perusahaan yang memiliki cabang lebih dar satu dan tersebar di berbagai daerah. Jaringan internet memungkinkan kantor cabang untuk mengakses data dari kantor pusat dengan waktu yang relative singkat.

Selain perusahaan yang memiliki kantor cabang, sistem jaringan internet jugabanyak dimanfaatkan oleh para penggemar game untuk melakukan permainan online secara berkelompok.

Sekilas tentang Sistem Jaringan Internet

Internet merupakan jaringan komputer. Artinya, komputer sangat berperan penting dalam sistem jaringan internet, yang menghubungkan berjuta-juta komputer di seluruh dunia. Internet sangat berguna untuk memperoleh informasi apa pun yang Anda inginkan.

Kita bisa mengakses internet lewat warung internet, telepon rumah, televisi kabel, dan lain-lain. Sistem jaringan internet sangat luas. Sistem jaringan internet pada warnet menggunakan media mikrogelombang, misalnya WaveLAN. 

Sedangkan jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel maupun dengan sistem wireless, sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware atau software yang terhubung dengan jaringan.

Sebuah jaringan biasanya terdiri atas dua atau lebih komputer yang masing-masing komputer akan saling terhubung di antara satu dengan yang lainnya. Komputer yang saling terhubung ini akan saling berbagi sumber daya misalnya printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik.

Sistem jaringan sendiri berfungsi untuk komunikasi data yang bekerja berdasarkan data dengan bantuan program. Program ini nantinya yang akan dieksekusi oleh sistem komputer yang sekaligus ditransfer ke sistem komputer lainnya. Pentransferan yang dilakukan pada sistem komputer ini dapat menjangkau jaraj yang sangat jauh dengan bantuan peralatan elektromagnetik.

Jaringan Internet

Sistem jaringan internet lewat televisi kabel dilakukan dengan cara menyambungkan televisi dengan kabel, disebut juga dengan internet kabel. Sistem jaringan internet tersebut masih berkembang di kota-kota besar. Anda juga bisa menghubungkan sistem jaringan internet lewat telepon rumah atau hand phone. Akses internet dengan menggunakan telepon disebut koneksi dial-up.

Internet merupakan jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN. WAN disini menghubungkan berjuta-juta komputer di seluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini.

Langkah penghubungan melalui jaringan ini bisa dilakukan dengan hanya mengkoneksikan komputer ke penyedia layanan internet atau Internet Service Provider (ISP). Internet Service Provider di Indonesia sendiri sangatlah banyak, seperti Telkom Speedy, IndosatNet, dan lain sebagainya.

Internet ini bisa diterjemahkan sebagai international networking atau jaringan internasional. Hal ini dikarenakan jaringan tersebut dapat menghubunkan komputer secara internasional, atau sebagai internetworking (jaringan antar jaringan). Hubungan antar jaringan ini dimaksudkan untuk menghubungkan berjuta jaringan diseluruh dunia.

Ada 4 aktivitas penting yang dapat ditangani oleh sistem jaringan internet:

  1. Sistem pembelajaran jarak jauh atau e-learning. Cara ini mampu mengakses dunia jarak jauh, misalnya sekolah jarak jauh.
  2. Sistem telepon dengan biaya murah.
  3. Pencarian lowongan kerja di mana-mana.
  4. Transfer uang untuk akan kuliah, dan lain-lain.       

Pada prinsipnya sistem jaringan internet dilakukan melalu ISP (Internet Service Provider), sebuah perusahaan yang melayani koneksi internet. Contoh ISP di Indonesia: INDO.NET, IndosatNET, serta Wasantara Net.

Mengenal Alamat IP

Internet merupakan jaringan maha raksasa di dunia ini yang semakin hari semakin berkembang pesat, berikut manfaat-manfaatnya. Mungkin di hari nanti semua transaksi hanya dilakukan lewat internet, seperti beli buku, beli sabun, beli baju, beli mobil, dan semuanya yang manusia butuhkan.

Internet Protocol (IP) bersifat sangat unik. Memecahkan masalah dengan memberitakan alamat IP untuk mendapatkan identifikasi informasi yang menjadi sangat mudah. IP sebagai protocol yang terpenting memiliki nama domain yang mahal. Contoh nama domain, yaitu com, co. id, ac.id, net, dan sebagainya.

Apabila dua buah sistem berkomunikasi, hal pertama yang dibutuhkan adalah kesamaan bahasa yang digunakan. Dengan persamaan bahsan yang digunakan maka hal tersebut akan mudah untuk dipahami dalam proses komunikasi.

Aturan bahsa komunikasi ini sering disebut juga dengan protocol komunikasi. Protocol komunikasi ini mrupakan aturan dalam melakukan pengiriman data yang berupa blok-blok data dari sebuah node jaringan ke node jaringan lain.

TCP/IP merupakan sekumpulan protocol yang terdapat di dalam jaringan komputer atau network yang digunakan untuk berkomunikasi atau bertukar data antar komputer. Selain itu, TCP/IP juga merupakan protokol standar [pada jaringan internet yang menghubungkan banyak komputer yang berbeda jenis mesin maupun sistem operasi agar dapat berinteraksi satu sama lain.

Web Portal

Web portal atau portal adalah suatu situs Web yang memiliki fitur seperti direktori, mesin pencari, e-mail, atau grup diskusi. Portal web sendiri merupakan situs web yang menyediakan kemampuan tertentu yang dibuat sedemikian rupa yang disesuaikan dengan selera para pengunjungnya.

Kemampuan portal yang lebih specifik adalah penyediaan berbagai informasi yang dapat diakses menggunakan beragam perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer jinjing, PDA atau Personal Digital Assistant, atau bahkan telepon genggam.

FTP

Singkatan dari File Transfer Protocol merupakan suatu protocol untuk melakukan transfer berkas. Contohnya: Klien dapat mengirim berkas ke server FTP atau mengambil berkas dari server FTP.

FTP merupakan salah satu protokol internet yang paling awal dikembangkan. Bahkan, protokol ini masih banyak digunakan untuk melakukan pengunduhan atau download dan penggugahan atau upload berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.

Sebuah klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP. Sedangkan server FTP merupakan sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuh komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP.

Perintah-perintah FTP ini dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, dan juga mengunduh berkas dari server FTP.

Membangun Halaman Web

Aplikasi Web sangat mendominasi dalam dunia internet. HTML dibuat dengan menggunakan perangkat lunak pembangkit kode-kode HTML. Biasanya landasan aplikasi ini adalah HTML. Para pemakai Microsoft Windows memakai Microsoft Font Page untuk membuat halaman-halaman Web.

Dengan membangun halaman web tersebut, setiap orang dapat membuat sebuah halam website pribadi maupun lembaga dengan mudah.

Akses Internet

Akses internet merupakan hal yang saat ini banyak dibutuhkan oleh setiap orang. Tidak hanya sebagai kebutuhan sampingan yang menunjang kegiatan sehari-hari, akses internet juga bermanfaat bagi hampir semua kalangan.

Negara dengan akses internet terbaik saat ini memang sangatlah banyak. Korea Selatan misalnya, di negara ini hampir 50% dari jumlah keseluruhan penduduknya memiliki akses jalur lear atau broadband. Tidak hanya Korea Selatan, Swedia juga memiliki jalur internet broadband bagi semua penduduk di negara tersebut.

Pada dasarnya, terdapat dua akses internet yang umumnya digunakan oleh semua kalangan, yaitu dial-up, dan jalurlebar atau briadband. Di Indonesia, seperti negara berkembang lainnya memiliki akses internet dan penetrasi PC masih juga rendah. Hanya sekitar 42% dari akses internet melalui fasilitas Public Internet akses, seperti warnet, cybercafe, hotspot, dan lain sebagainya. Tempat umum lainnya yang sering digunakan untuk akses internet adalah kampus dan juga kantor.

Demikianlah pembahasan mengenai sistem jaringan internet yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.


Terpopuler