Hardware
02 Mei 2013 - dibaca : 5.292 kali

Hardware

Tidak bisa dipungkiri, komputer memegang peranan penting dalam kehidupan kita, terutama dalam menyelesaikan pekerjaan. Salah satu komponen yang terdapat dalam komputer adalah hardware. Hardware dalam bahasa Indonesia dapat diartikan “perangkat keras”. Perangkat keras merupakan salah satu komponen dari komputer yang sifatnya nyata, bisa dilihat dan juga diraba. Perangkat keras mempunyai peran dalam mendukung proses komputerisasi.

Secara fisik, komputer terdiri atas beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Dalam hal ini, sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerjasama membentuk suatu kesatuan. Jika salah satu komponen tidak berfungsi, proses-proses yang ada komputer tidak bisa berjalan dengan baik. Komponen komputer ini termasuk ke dalam kategori elemen hardware (perangkat keras).

Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi 5, yaitu input device (unit masukan), process device (unit pemrosesan), output device (unit pengeluaran), strorage device (unit penyimpanan), dan peripheral (unit tambahan).

Input Device (Unit Masukan)

Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor, kemudian diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.

Input device (unit masukan) yang umumnya digunakan PC (Personal Komputer) adalah mouse dan keyboard. Mouse dan keyboard merupakan unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.

Kemudian, ada juga joystick  yang biasa digunakan untuk bermain games. Selain itu, ada juga scanner yang digunakan untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya bisa dimanipulasi. Touce panel , yaitu dengan menggunakan sentuhan jari, user bisa melakukan suatu proses akses file. Lalu, microphone yang berfungsi untuk merekam suara ke dalam komputer.

Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input maupun maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer. Sementara maintenance input berbentuk program untuk mengolah data yang dimasukkan.

Jadi, input device (unit masukan) selain digunakan untuk memasukkan data, dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, input device terbagi menjadi dua, yaitu peralatan input langsung dan peralatan input tidak langsung.

Peralatan input langsung adalah input yang dimasukkan , kemudian langsung diproses oleh alat pemproses. Contoh dari peralatan input langsung adalah keyboard, touch screen , mouse, scanner, light pen, dan digitizer graphics tablet.
Peralatan input tidak langsung merupakan input yang melalui media tertentu sebelum diproses oleh alat pemproses. Contoh dari input tidak langsung adalah disket, hardisk, dan punched card.

Process Device (Unit Pemrosesan)

Unit pemprosesan yang terdapat pada komputer adalah CPU (Central Processing Unit). CPU mempunyai peran sebagai otak atau pengatur yang mengolah sistem, sehingga menghasilkan informasi. Did alam CPU terdapat tiga unsur penting, yaitu primary storage, arithmatic logic unit, dan control unit.

Ada pun penjelasan dari ketiga unsur penting tersebut adalah sebagai berikut.

  • Primary storage merupakan ukuran besarnya processor atau disebut juga dengan main memory.
  • Aritmathic logic unit merupakan suatu alat yang bertugas melakukan proses penghitungan dalam komputer.
  • Control unit merupakan suatu alat pengontrolan yang berada dalam komputer yang memberitahukan unit masukan mengenai jenis data, waktu pemasukan, dan tempat penyimpanan di dalam primary storage. Control unit bertugas memberitahukan kepada arthmatic logic unit mengenai operasi yang dilakukan, tempat data diperoleh, dan juga letak hasil ditempatkan.

Output Device (Perangkat Keluaran)

Output device atau perangkat pengeluaran merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk melihat proses dan hasil pengolahan data komputer. Output atau hasil pengolahan kata yang dimaksud, bisa berupa tulisan, image (gambar), suara, dan bentuk yang bisa dibaca oleh mesin.

Hasil dari pengolahan data tersebut bisa berbentuk hard-copy (dicetak ke kertas), soft-copy (ditampilkan oleh monitor), dan drive (disimpan kedalam Compact Disk). Ada pun perangkat-perangkat yang termasuk output device, antara lain sebagai berikut:

1. Monitor

Monitor merupakan salah satu perangkat keluaran yang berfungsi memberikan informasi kepada pengguna komputer.informasi yang disajikan terdiri dalam dua bentuk, baik teks mau pun grafik. Ada pun tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah sebagai berikut:

  • CGA (Color Graphic Adapter) merupakan tipe monitor standar IBM yang memiliki kualitas resolusi rendah. Monitor CGA ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.
  • EGA (Enchanced Graphic Adapter) merupakan tipe monitor yang tingkatannya berada di atas CGA (Color Graphic Adaoter). Monitor EGA hanya mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
  • EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) atau disebut juga PGA merupakan monitor yang mampu menampilkan 256 warna dalam mode grafis.
  • VGA (Visual Graphic Adapter ) merupakan tipe monitor yang saat ini banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan monitor VGA bisa mencapai jutaan warna. Hal ini lah yang membuat mode grafisnya menjadi lebih nyata.
  • LCD (Liquid Crystal Display) dikenal sebagai monitor flat (layar datar) dengan resolusi rendah yang mempunyai kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. Monitor tipe ini menggunakan persenyawaan cair yang memiliki struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode transparan.

2. Proyektor

Proyektor merupakan salah satu alat keluaran yang memiliki fungsi sama dengan monitor. Perbedaannya, yaitu infocus memerlukan media penerima pancaran signal-signal infocus. Media penerima tersebut sebaiknya mempunyai permukaan datar dan berwarna putih terang. Contoh media yang bisa digunakan adalah dinding berwarna putih, whiteboard, atau pun kain dan layar putih yang dibentangkan.

Proyektor sering digunakan pada saat presentasi mau pun rapat. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan tampilan yang lebih besar dibandingkan dengan menggunakan layar monitor.

3. Printer

Printer merupakan alat keluaran yang bisa mencetak teks atau gambar hasil dari pengolahan data komputer ke media kertas atau media lainnya, seperi kertas transparansi.

Pada umumnya, printer terdiri atas beberapa bagian, yaitu picker, tray, dan tinta atau toner. Picker berfungsi sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray merupakan tempat menaruh kertas. Kemudian, tinta atau toner berfungsi sebagai alat pencetak.

Perbedaan antara toner dengan tinta adalah perbedaan sistem. Jika untuk toner atau laser perlu pemanasan, sedangkan tinta atau injek jet tidak membutuhkan pemanasan. Namun, untuk tinta diperlukan pembersihan (cleaning) pada print-head printer tersebut.

Ada pula kabel fleksibel yang berguna unuk pengiriman sinyal dari processor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan cukup fleksibel, namun kuat. Kemudian, pada bagian belakang printer umumnya terdapat port parallel atau USB yang berguna sebagai penghubung ke computer.

4. Plotter

Plotter merupakan salah satu alat keluaran yang memiliki fungsi sama dengan printer. Perbedaannya adalah plotter dipakai untuk mencetak gambar yang berukuran cukup besar, seperti gambar mesin atau pun kontruksi bangunan.

Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, berbagai bentuk gambar akan bisa ditampilkan secara prima. Landscape arsitektu banyak menggunakan plotter untuk menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, atau pun untuk memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.

5. Speaker

Speaker merupakan alat keluaran yang menghasilkan output dalam bentuk suara. Rekaman suara adalah jenis output device (input keluaran) yang dihasilkan oleh komputer generasi mutakhir dengan menggunakan berbagai peralatan audio message.

Pada dasarnya, speaker adalah mesin penerjemah akhir, kebalikan dari mikrofon. Speaker membawa sinyal elektrik, kemudian mengubahnya kembali menjadi getaran suara untuk membuat gelombang suara.

Hasil getaran speaker hampir sama dengan  hasil getaran mikrofon yang direkam, kemudian dikodekan pada tape, CD, dan lain-lain.

Storage Device (Media Penyimpanan)

Storage device merupakan perangkat keras penyimpanan yang berfungsi sebagai tempat menyimpan informasi dan program secara permanen. Hal ini bertujuan, supaya data tersebut bisa dikembalikan oleh komputer setiap dibutuhkan.

Perangkat komputer yang termasuk storage device adalah harddisk. Floppy disk, Magneto-optical, Cd-R dan CDRW, serta Memori.

Peripheral (Unit Tambahan)

Peripheral merupakan perangkat tambahan untuk memberikan tambahan kegunaan komputer. Contoh perangkat keras yang termasuk ke dalam periferal adalah modem dan kartu suara.

Demikian lah artikel mengenai hardware. Mulai dari input device, process device, sampai dengan output device. Semoga bermanfaat bagi para pembaca dalam menambah wawasan dan pengetahuan tentang hardware.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler