Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Software
02 Mei 2013 - dibaca : 4.788 kali

Software

Dalam dunia informasi, tentu software bukan lagi menjadi hal yang asing di telinga Anda. Sebenarnya apa itu software? Ada yang mengatakan bahwa peran software sangat penting bagi suatu komputer. Hal ini dikarenakan, tanpa adanya software, komputer tersebut tidak bisa dijalankan (dioperasikan). Untuk mengetahui lebih jauh mengenai software, simak informasinya di artikel ini.

Nama lain dari software adalah perangkat lunak. Dari namanya saja sudah bisa tertebak, software tentu berbeda dengan hardware. Software adalah perangkat lunak, sedangkan hardware adalah perangkat keras. Hardware adalah komponen yang nyata bisa dilihat dan diraba langsung, sedangkan software sebaliknya.

Software (perangkat lunak) tidak bisa disentuh dan dilihat secara fisik. Meskipun wujudnya tidak terlihat, benda penting ini bisa dioperasikan.

Sejarah Perkembangan Software

Sejarah perangkat lunak berdasarkan perkembangannya dibagi menjadi beberapa era, yaitu Era Pemula (pioneer), Era Stabil. Era Mikro, dan Era Modern.

Ada pun penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Era Pemula (Pioneer)

Pada awalnya bentuk perangkat lunak adalah sambungan-sambungan kabel antarbagian dalam komputer. Cara mengakses komputer pada era pemula adalah dengan menggunakan punched card (kartu yang dilubangi).

Pada era pemula, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan hardware (perangkat keras). Penggunaan komputer dilakukan secara langsung. Kemudian, hasil yang selesai dikerjakan computer disajikan/ditampilkan dalam bentuk print out. Dalam pengoperasiannya, menggunakan basis intruksi yang diproses secara berurutan.

2. Era Stabil

Pada era stabil, komputer sudah digunakan oleh beberapa kalangan. Perusahaan perangkat lunak pun bermunculan. Perangkat lunak yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut bisa menjalankan beberapa fungsi.

Banyak proses yang dilakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara langsung/cepat (real time). Pada era stabil, mulai dikenal sistem basis data yang memindahkan antara program (pemroses) dengan data/file (yang diproses)

3. Era Mikro

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, perangkat lunak juga semakin berkembang dalam memenuhi kebutuhan perorangan.  Pada era mikro, perangkat lunak terbagi menjadi dua,.pertama perangkat lunak sistem yang memiliki tugas dalam menangani internal. Kedua, perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu.

4. Era Modern

Saat ini perangkat lunak bisa ditentukan di mana saja. Bahkan sebuah telepon genggam pun telah dilengkapi dengan perangkat lunak. Perangkat lunak yang ada di dalam handphone sudah disinkronkan dengan PC.

Bukan hanya handphone, bahkan peralatan elektronik lainnya, seperti TV, AC, mesin cuci, dan microwave juga telah dilengkapi dengan perangkat lunak. Perangkat lunak yang terdapat di peralatan elektronik, berfungsi untuk mempermudah pengoperasian peralatan tersebut. Hebatnya lagi, setiap peralatan elektronik tersebut suatu saat bisa saling terhubung.

Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan perangkat lunak pun semakin meningkat dalam permasalahan teknik. Selain itu, saat ini perangkat lunak mulai bisa mengenal suara dan juga gambar.

Jenis-jenis Software dan Fungsinya

Perangkat lunak komputer terbagi menjadi 2, yaitu pembagian berdasarkan tipe dan pembagian berdasarkan lisensi.

1. Jenis Software Menurut Tipe/Macamnya

Berdasarkan tipe/macamnya software digolongkan menjadi:

a. Software Sistem (System Software)

Software sistem berfungsi untuk mendukung dan mengendalikan sistem komputer dan aktivitas pengolahan informasi software sistem. Software sistem memfasilitasi pemprograman, pengujian, pencarian, dan perbaikan kesalahan dalam komputer.

Contohnya adalah sistem operasi (Microsoft Windows 95-98, Microsoft XP, Linux, Unix, Macintosh, dan Novell) dan driver (VGA Driver, Printer Driver, dan USB Driver).

b. Software Pemprograman (Bahasa Pemrograman)

Software pemprograman berfungsi sebagai penyedia alat untuk membuat software aplikasi. Software pemprograman terdiri atas editor tempat mengetikan perintah-perintah bahasa pemprograman, interpreter, compilater, debugger, dan fasilitas lainnya.

Intrepeter merupakan program komputer yang digunakan untuk menjalankan program lain. Compilator merupakan program komputer digunakan untuk proses tranlasi dari intruksi yang ditulis dengan satu bahasa komputer ke hasil output dalam bahasa komputer lainnya.

c. Software Aplikasi (Application Software)

Software aplikasi dibangun untuk menyelesaikan tugas khusus. Aplikasi ini digunakan untuk keperluan bisnis, untuk otomatisasi pada industri, untuk pengolahan data pada database, untuk keperluan kesehatan, dan untuk hiburan. Hal lain yang diotomatisasi umumnya menggunakan software aplikasi.

Semua tipe software yang dibangun dari bahasa pemprograman mempunyai tujuan masing-masing. Meski pun demikian, setiap software memegang peranan penting pada sebuah komputer.

Selain itu, komputer juga akan berfungsi dengan baik apabila didukung oleh software sistem, yaitu sistem operasi. Tanpa adanya sistem operasi, software lain tidak bisa beroperasi sesuai fungsinya. Hal ini dikarenakan, software sistem berperan dalam menjembatani antara hardware dengan software lainnya yang dioperasikan pada komputer.

2. Jenis Software Menurut Lisensi

Software bukan hanya dibagi berdasarkan tipe/macamnya, melainkan juga lisensi. Ada pun pembagian software berdasarkan lisensinya, antara lain sebagai berikut:

a. Software Komersial (non free software)

Software komersial merupakan software yang dijual di pasaran. Pengguna software komersial harus membeli izin menggunakannya terlebih dahulu. Selain itu, pengguna tidak diperbolehkan untuk mengubah, menggandakan, dan juga mendistribusikan software tersebut.

Meskipun demikian, ada juga software komersial yang bisa digunakan oleh tanpa biaya. Software ini disebut juga dengan freeware. Ada pula shareware, yaitu jenis software komersial yang bisa digunakan secara gratis dalam jangka waktu tertentu untuk mencoba, dan setelah waktu habis, pengguna harus membelinya.

b. Free Software

Free software merupakan salah satu jenis software yang dikenal dengan sebutan open source. Hal ini dikarenakan, penggunaan software tersebut berdasarkan lisensi open source. Lisensi ini dikeluarkan oleh free software foundation, biasa diberi nama GNU General Public Lisence atau disingkat menjadi GNU GPL.

3. Jenis Software Lainnya

Ada satu lagi jenis software, yaitu program utility. Program utility merupakan program yang berukuran kecil berfungsi untuk menyelesaikan tugas lebih spesifik. Program utility juga disebut dengan program tools. Berdasarkan fungsinya progam utility terbagi menjadi beberapa macam, antara lain sebagai berikut.

  • Utility back up

Utility back up merupakan program yang berfungsi untuk membuat file cadangan di komputer. Jenis-jensi dari utility back up adalah Disk Backup, Iomega Quicksync, Mini Tool Partition, dan Tune Up Utilities.

  • Utility Viewer

Utility viewer merupakan program yang berfungsi untuk menampilkan gambar di layar. Jenis-jenis program yang termasuk utility viewer adalah Irvan Ciewer, Slow Viewer, dan lain-lain.

  • Utility Audio Dan Video

Utility audio dan video merupakan program yang berfungsi untuk menangani fasilitas multimedia, jenis-jenis program yang termasuk utility audio dan video adalah Windows Media Player, Flash Player, Sybex Wind DVD, KM Player, VLC, Power DVD, Quick Player, GOM Player, dan AIMP.

  • Utility Kompresi

Utilyti kompresi merupakan program yang berfungsi untuk mengubah ukuran file menjadi bagian-bagian lebih kecil. Jenis-jenis program yang termasuk utility kompresi adalah Winrar, Winzip, Any Video Converter, Ace Winace, dan All Office Converter.

  • Utility Image

Utility image merupakan program yang berfungsi untuk membuat CD Virtual (bayangan). Jenis-jenis program yang termasuk utility image adalah Ultra ISO, HD Copy, Norton Ghost, dan lain-lain.

  • Utility Recovery

Utility recovery merupakan program yang berfungsi untuk mengembalikan program sistem jika sistem mengalami kerusakan. Jenis-jenis program yang termasuk utility recovery adalah GoBack, RAR Password Recovery, Tool Recovery, Final Data, Easy Recovery, dan Recovery Genius.

  • Utility Security

Utility security merupakan program yang berfungsi melindungi komputer dari serangan hacker, virus, program mata-mata (Spy), Worm, dan program perusak lainnya. Jenis-jenis program yang termasuk utility security adalah Norton, Smadav, Aira, Folder Lock, Avee, MC, dan alin-lain.

  • Utility CD/DVD Maker

Utility CD/DVD Maker merupakan program yang bergungsi untuk mengendalikan suatu file, kemudian diinput ke Compact Disk atau Dual Video. Jenis-jenis program yang termasuk Utility CD?DVD Maker adalah Ashampoo, Nero, Ultra ISo, dan lain-lain.

  • Utility Download

Utility download merupakan program yang berfungsi untuk men-donwload suatu file dari suatu alamat URL di internet. jenis-jenis program yang termasuk utility download adalah Youtube Downloader dan IDM (Internet Download Manager).

Demikian lah artikel mengenai software,. Semoga bermanfaat bagi para pembaca!


Terpopuler