Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Kue Lapis Tepung Beras Tradisional
20 April 2013 - dibaca : 6.243 kali

Kue Lapis Tepung Beras Tradisional

Kue lapis dengan rasa manis, gurih dan kenyal ini masih disukai. Anda bisa membuatnya sendiri dengan resep mudah dan sederhana ini. Ayo dicoba.

Bahan:

275 gram tepung beras

100 gram tepung sagu

300 gram gula pasir

1,2 L santan cair

1/2 sdt garam

3 lembar daun pandan

5 lembar daun jeruk nipis

Pewarna kue hijau muda secukupnya

Pasta pandan

Pasta cokelat secukupnya

Cara Membuat:

  1. Rebus santan dengan garam, daun pandan dan daun jeruk nipis. Aduk-aduk hingga santan tidak pecah. Angkat dinginkan. Buang daun pandan dan daun jeruk nipis.
  2. Campur tepung beras, tepung sagu dan gula, tuangkan santan yang telah dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk. Pastikan adonan menjadi licin tanpa gumpalan.
  3. Bagi adonan menjadi tiga. Beri satu wadah dengan pasta cokelat, lalu pasta pandan di wadah lain. Jika pasta pandan masih pucat, tambahkan pewarna kue hijau muda secukupnya, aduk rata.
  4. Siapkan loyang ukuran 18x18x18 yang telah diolesi dengan minyak goreng. Masukkan loyang dalam dandang yang telah mendidih.
  5. Tuang sekitar 100 - 125 ml adonan warna putih. Masak selama lima menit, lalu tuang adonan warna hijau, begitu seterusnya selang seling hingga semua adonan habis.
  6. Setelah adonan habis, kukus kue selama 30 menit, lalu angkat.
  7. Potong-potong kue lapis sesuai selera, hidangkan.


Terpopuler