Implan Gigi Solusi Alternatif Gigi Rapuh
11 September 2013 - dibaca : 3.990 kali

Implan Gigi Solusi Alternatif Gigi Rapuh

Nama implan gigi mungkin masih terdengar asing, dibandingkan implan organ tubuh lainnya. Tapi, sebenarnya ini adalah metode alternatif untuk mengganti gigi yang tanggal atau rapuh. Konon, implan gigi jauh lebih baik ketimbang gigi palsu, jika dilihat dari kualitas dan kenyamanan si pemakai. Benarkah?

Melalui Health India, Dr Vijay Salvi, seorang ahli implantologist akan menjawab pertanyaan seputar kelebihan dan kekurangan dari implan gigi.
 
Apa itu implan gigi dan mengapa ini sangat dibutuhkan?
 
Implan gigi menjadi sebuah pilihan terbaik untuk jangka waktu yang sangat panjang dan terbilang cukup efektif guna menggantikan gigi Anda yang tanggal. Implan berbentuk seperti sekrup, dihasilkan dari logam titanium (bahan sama untuk perawatan tulang patah) yang ditanam pada tulang rahang di tempat asal gigi yang tanggal. Implan gigi terasa seperti gigi asli dan sangat nyaman untuk keseharian, terutama saat mengunyah makanan.
 
Dalam kasus apakah pemasangan implan gigi tak boleh dilakukan?

 
Setiap orang dapat dengan mudah menggunakan implan gigi. Asalkan si pasien tidak memiliki penyakit yang terbilang serius seperti diabetes atau sedang  menjalani terapi radiasi. Usia yang pas untuk implan gigi adalah 18 tahun untuk seorang wanita dan 19-20 tahun untuk pria.
 
Prosedur apa saja yang harus diperhatikan saat merencanakan operasi implan?
 
Yang utama adalah kesehatan tubuh harus benar-benar sehat. Jika Anda menderita penyakit darah tinggi, diabetes, kolesterol, harus secepatnya mengecek kondisi kesehatan sebelum operasi berlangsung.

Selanjutnya adalah tes darah, yang sangat berhubungan dengan jumlah trombosit. Gula darah harus dalam keadaan baik dan normal. Hal paling penting lainnya adalah menahan diri untuk tidak menghisap rokok selama 3-4 pekan, sebelum merencanakan pemasangan implan dan 2 bulan setelah pemasangan implan. Apabila itu dilanggar, kemungkinan besar yang didapat pasien adalah pemasangan implan akan gagal.

Bagaimana cara implan gigi diterapkan?
Setelah memeriksakan semua keadaan mulut, sang ahli akan mulai membuat sebuah rancangan untuk menempatkan implan gigi di bagian tulang rahang. Namun, jika tulang rahang tidak cukup kuat untuk menahannya, Anda akan disarankan untuk mencangkok tulang sebelum operasi implan gigi Anda.
 
Setelah dokter mengatakan bahwa tulang rahang sehat untuk implan, maka gusi Anda akan dibuka dan dibuat lubang untuk meletakkan implan yang berbentuk screw. Pengeboran implan dilakukan dengan menggunakan alat bor khusus implan. Setelah implan gigi ditanamkan, gusi akan dijahit untuk menutup sisi lubang.
 
Sebelum pemasangan implan, biasanya pasien akan dibius agar tidak terasa sakit saat di bor. Setelah 3-4 jam, pasien akan merasakan sakit yang cukup hebat.
 
 Apa saja yang dialami saat menjalani operasi implan?
 
Anda akan merasa tidak nyaman selama 48-72 jam sehabis operasi. Anda akan merasa sangat sakit. Banyak pasien yang mengalami rasa nyeri dan bengkak selama satu pekan. Ada beberapa risiko yang dialami selama operasi berlangsung seperti pendarahan secara berlebihan atau pembengkakan, serta infeksi.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler