Khasiat Minum Jus Tebu
02 April 2013 - dibaca : 8.185 kali

Khasiat Minum Jus Tebu

Selain enak, air tebu juga mudah ditemukan dan terjangkau. Anda mungkin akan terkejut setelah mengetahui bahwa ekstrak jus batang tebu ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan.

Tergantung pada varietas tanaman tebu dan tanah, manfaat dari ekstrak jus batang tebu juga bisa bervariasi. Namun, tebu merupakan sumber makanan yang kaya mineral, vitamin, dan antioksidan. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari tebu, seperti dikutip Boldsky.com. Check these out:

1. Mengobati penyakit kuning: Jus tebu adalah obat alami untuk menyembuhkan penyakit kuning. Jaundice adalah pigmentasi kuning pada kulit dan membran yang disebabkan oleh adanya billirubin dalam darah. Hati yang kurang berfungsi dan saluran empedu yang terblokir adalah penyebab penyakit kuning. Untuk mempercepat pemulihan, minumlah dua gelas jus tebu segar dengan campuran jeruk nipis dan garam.

2. Infeksi: Beberapa infeksi seperti dysuira, infeksi saluran kemih, penyakit menular seksual dan peradangan pada perut (saluran pencernaan) atau jantung dapat disembuhkan dengan segelas jus tebu.

3. Batu ginjal: Ini adalah salah satu khasiat yang paling efektif dari jus tebu. Batu ginjal biasanya terbentuk karena dehidrasi dan minum air putih yang banyak bisa membantu memecah batu di ginjal. Minum banyak cairan dan jus tebu juga ampuh memecah batu atau melarutkannya.

4. Baik untuk penderita diabetes: Tebu itu sehat bagi penderita diabetes karena mengandung gula alami. Ini adalah alternatif yang lebih baik untuk gula mentah atau pemanis buatan. Jadi, jika Anda dalam program diet penurunan berat badan atau diabetes, minumlah jus tebu. Manfaat jus ini juga mampu menjaga kadar glukosa darah seimbang.

5. Banyak mengandung gizi: Tebu memiliki segudang vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Jus tebu kaya akan fosfor, zat besi, kalsium kalium, dan magnesium. Penelitian telah menunjukkan bahwa jus tebu dapat membantu memulihkan kehilangan vitamin yang terjadi akibat gangguan demam.

6. Penyembuh pilek, flu dan sakit tenggorokan: Jika Anda berpikir jus tebu bisa berbahaya untuk sakit tenggorokan atau pilek, maka Anda salah. Air tebu justru membantu menyembuhkan radang tenggorokan, pilek dan flu.

7. Mencegah kanker: Karena bersifat alkali, air tebu mampu mencegah kanker, terutama kanker prostat, usus, paru-paru atau kanker payudara.

8. Rehidrasi: Banyak orang tidak cukup minum air dan menderita dehidrasi. Untuk mempertahankan air dalam tubuh, minumlah jus tebu. Bahkan selama musim panas, Anda dapat mendinginkan panas tubuh dengan meminum segelas tebu secara teratur.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler