Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Pengertian Fenomena Biosfer dan Contoh fenomena biosfer
29 Maret 2013 - dibaca : 26.634 kali

Pengertian Fenomena Biosfer dan Contoh fenomena biosfer

Pengertian Fenomena Biosfer dan Contoh fenomena biosfer

 
Di lapisan kulit bumi terdapat kehidupan organisme yang disebut biosfer (meliputi tumbuh-tumbuhan, binatang, mikroorganisme) dan antroposfer (manusia). Adanya makhluk hidup tersebut akan menimbulkan fenomena (peristiwa atau masalah), baik yang menguntungkan maupun merugikan.
 
Fenomena adalah peristiwa atau terjadinya sesuatu hal di muka bumi. Biosfer berasal dari kata bios yang berarti hidup dan sphaira (sphere) yang berarti lapisan atau bagian dari kulit bumi, air, dan atmosfer tempat ditemukan kehidupan organisme tumbuh-tumbuhan, binatang, dan mikroorganisme.
 
Fenomena biosfer adalah peristiwa atau terjadinya sesuatu hal di muka bumi yang berkaitan dengan makhluk hidup (yang meliputi tumbuh-tumbuhan, binatang, dan mikroorganisme).
 
Contoh fenomena biosfer adalah sebagai berikut.
 
1. Kerusakan Flora dan Fauna
Pemanfaatan sumber daya alam tanpa memperhatikan kelestariannya akan menimbulkan kerusakan pada flora dan fauna tersebut, bahkan dapat mengakibatkan kepunahan. Akibatnya akan berdampak terhadap kehidupan manusia.
 
Kepunahan jenis ataupun varietas flora dan fauna tertentu dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya berkurangnya luas lahan; kerusakan lahan, misalnya kerusakan hutan sehingga hewan yang hidup di dalam hutan akan punah; eksploitasi atau penggunaan yang berlebihan; penggunaan teknologi yang tidak sesuai dengan keadaan lingkungan; perburuan jenis ikan paus yang berlebihan; di Indonesia terjadi perburuan rusa; pengambilan rotan dan kayu ramin yang berlebihan; penggunaan herbisida dan insektisida yang berlebihan; dan pencemaran oleh industri.
 
2. Berkurangnya Luas Lahan
Berkurangnya luas lahan ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:
  1. populasi (jumlah) manusia yang terus bertambah disebabkan terjaminnya kesehatan akibat kemajuan teknologi kedokteran;
  2. permukiman manusia makin luas sehingga akan menggeser tumbuh-tumbuhan dan hewan;
  3. pembangunan pabrik di atas lahan yang berasal dari lahan pertanian.
 
3. Dampak Kerusakan Flora dan Fauna
Dampak kerusakan flora dan fauna terhadap kehidupan adalah berkurangnya sumber daya alam; dapat menimbulkan bencana tanah longsor dan banjir; penelitian secara ilmiah akan terhambat karena punahnya jenis flora dan fauna tertentu; dan akan memusnahkan habitat lain karena terputusnya siklus rantai makanan.


Terpopuler