Resep Step by Step Martabak Asin ( Martabak Telur)
04 Januari 2013 - dibaca : 1.426 kali

Resep Step by Step Martabak Asin ( Martabak Telur)

Martabak asin atau martabak telur memang kudapan yang sangat populer. Citarasanya gurih dan lezat,apalagi disajikan hangat dengan acar dan saus kecap asin sebagai pelengkap. Anda ingin membuatnyasendiridi rumah? Berikut resepnya untuk Anda. Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo.

 

 
Martabak Telor 
 
Bahan Kulit : 
350 g tepung terigu tinggi protein (cap cakra kembar) 
250 g air 
50 g minyak goreng 
½ sdt garam halus 
400 ml minyak untuk menggoreng 
Bahan Isi: 
600 g daging sapi cincang 
14 butir telur bebek 
100 g bawang bombay, cincang
100 g daun bawang, iris halus 
7 siung bawang putih, cincang 
1 sdm bubuk kari instan 
1 sdt lada halus 
2 sdt garam halus 
1 sdt gula pasir 

2 sendok sayur minyak goreng

 

Cara Membuat: 

 
1. Campur tepung terigu dan garam halus. Aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga tercampur rata. Tambahkan minyak, uleni kembali hingga adonan benar-benar kalis.

2. Bagi adonan menjadi 7 bagian. Bulatkan. Rendam di dalam minyak goreng selama 2 jam.
 
3. Tipiskan kulit martabak dengan gilingan atau dengan cara dilebarkan dengan melempar-lempar menggunakan kedua belah tangan. Lakukan hingga terbentuk adonan yang tipis dan trasparan.
 
4. Penyelesaian: Panaskan dua sendok sayur minyak goreng, tumis bawang putih hingga harum.Masukkan daging cincang, aduk hingga daging berubah warna. Tambahkan lada, garam, bumbu kari, dan gula pasir. Masak hingga matang. Angkat, dinginkan. Campur daging dengan telur, daun bawang dan bawang bombay. Aduk rata. Sisihkan.
 
 5. Panaskan 2 sendok sayur minyak goreng di dalam wajan martabak atau wajan datar. Letakan kulit martabak, masukkan tiga sendok sayur bahan isi, ratakan.
 
6. Lipat kulit martabak seperti melipat amplop atau hingga semua bagian isi tertutupi. Goreng sambil dibolak-balik higga isi matang dan kulit berwarna kuning kecoklatan. Angkat.
 
7. Atur di datas piring saji. Hidangkan dengan acar campur dan saus pelengkap.
 
Untuk 7 Buah
 
Tips : Telur bebek bisa diganti dengan telur ayam. Untuk isi, daging sapi cincang bisa diganti dengan daging ayam atau daging udang cincang. Isi daging harus ditumis terlebih dahulu untuk menghindari isi daging masih mentah. Adonan martabak asin harus diistirahatkan terlebih dahulu agar adonan lentur dan mudah ditipiskan.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler