Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Macam - Macam Pendekatan Sistem Belajar mengajar
01 Desember 2012 - dibaca : 7.060 kali

Macam - Macam Pendekatan Sistem Belajar mengajar

Beberapa macam pendekatan sistem belajar mengajar adalah sebagai berikut :

  • Ekspository learning , Pendekati ini di latar belakangi anggapan terhadap siswa bahwa mereka masih kosong dengan ilmu .Pendekatan ini sangat cocok di terapkan pada materi ketauhidan dalam pendekatan ini guru berfungsi sebagai desainer dan sebagai aktor.
  • Enquiry learning, merupakan belajar mencari dan menemukan sendiri . Dalam sistem belajar mengajar ini guru menyajikan bahan pelajaran tidak dalam bentuk yang final , tetapi anak didik di beri peluang untuk mencari dan menemukannya sendiri dengan mempergunakan teknik pendekatan pemecahan masalah.
  • Mastery Learning, Dalam situasi belajar terdapat aneka macam kecepatan individu sebagai peserta belajar .Ada murid yang cepat menguasai pelajarannya sehingga ia dapat berpartisipasi penuh dalam proses interaksi kelas.selain itu ada juga murid yang lamban sehingga tingkat prestasinya rendah.mereka yang lambat ini dalam proses belajar mengajar akan mengalami kesukaran dalam mengikuti kecepatan belajar yang digunakan guru di sekolah.
  • Humanity Education , Adalah sebuah sistem klasik yang bersifat global , tetapi beberapa prinsip dasarnya diambil oleh para ahli pendidikan sebagai sebuah sistem pendekatan PBM.Dalam sistem ini pengembagan ranah rasa merupakan hal penting dan perlu di integrasikan dengan proses belajar pengembangan ranah cipta.Pendidikan Humanistic juga menitip beratkan pada upaya membantu siswa agar dapat mencapai perwujudan dirinya sesuai dengan kemampuan dasar dan ke husussan yang ada pada diri siswa.

 


Terpopuler