Masa Kholifah Utsman bin Affan
01 Desember 2012 - dibaca : 2.667 kali

Masa Kholifah Utsman bin Affan

Utsman bin Affan bin Affan dipilih sebagai Kholifah menggantikan Kholifah Umar bin Khattab  yang meninggal karena di tikam oleh Abu Lu'luahsaat beliau menjadi imam sholat subuh.

Saat menjelang wafatnya , Kholifah telah membentuk sebuah dewan yang akan menggantinya.Dewan tersebut beranggotakan enam orang sahabat yang saat itu dianggap paling tinggi derajatnya.
Keenam anggota dewan tersebut adalah :
 
  • Usman bin Affan.
  • Ali bin Abi Thalib
  • Thalhah bin Ubaidillah
  • Zubair bin Awwam
  • Abdurrahman bin Auf
  • Sa'ad bin Abi Waqas
Dewan tersebut bertugas  memilih salah satu dari mereka untuk menjadi Kholifah . Ketua Dewan dipegang oleh Abdurrahman bin Auf . Pemilihan di lakukan dengan cara musyawarah dan mufakat dan untuk mencari suara terbanyak.
Pada akhirnya Usman bin Affan terpilih sebagai kholifah pengganti Umar bin Khattab. Saat terpilih menjadi khalifah Usman bin Affan telah berusia 70 tahun. Beliau menjadi khalifah selama 12 tahun.
Prestasi yang dicapai Utsman bin Affan :
a.    Kodifikasi Mushaf al Qur'an
       Usaha kodifikasi ( pembukuan ) ayata-ayat Al-Qur'an  sudah dimulai sejak masa kholifah Abu Bakar As Shidiq . Ayat-ayat Al- Qur'an yang terkumpul  pada masa itu disimpan oleh Hafsah binti Umar , salah satu istri Rasulullah saw.
Pada masa pemerintahan Khalifah Usman bin Affan, wilayah islam sudah sangat luas.Hal ini menimbulkan kekhatiran akan terjadinya perbedaan pembelajaran Al-Qur'an di beberapa pelosok wilayah . Perbedaan itu meliputi susunan surahnya atau lafal ( dialiknya.)
Salah seorang sahabat bernama Huzaifah bin Yaman  melihat perselisihan antara tentara islam ketika menaklukkan Armenia  dan Azerbeijan . Masing-masing pihak menganggap cara membaca Al- Qur'an yang dilakukan adalah paling baik.
     Perselisihan tersebut kemudian dilaporkan oleh Huzaifah bin Yaman kepada Kholifah Usman bin Affan selanjutnya Kholifah Usman bin Affan membentuk sebuah panitia penyusunan Al- Qur'an . Panitia ini di ketuai oleh Zaid bin Tsabit anggotanya Abdullah bin Zubair dan Abdurrahman bin Harits.  Tugas yang dilaksanakan adalah menyalin ulang ayat-ayat Al-Qur'an dalam sebuah buku yang disebut mushaf.
     Salinan kumpulan Al-Qur'an itu disebut mushaf oleh Panitia Mushaf diperbanyak sejumlah empat buah. Salah.  Salah satunya tetap berada di Madinah , sedangkan empat lainya dikirim ke Madinah,Suriah,Basrah, dan Kufah . Semua naskah Al-Qur'an yang dikirim ke daerah -daerah itu dijadikan pedoman dalam penyalinan berikutnya di daerah masing-masing. Naskah yang ditinggal di Madinah disebut Mushaf Al-Imam atau Mushaf Usmani.
 
b.   Renovasi Masjid Nabawi
      Masjid Nabawi adalah masjid yang pertama   kali didirikan oleh Nabi Muhammad saw. pada saat pertama kali tiba di Madinah dari perjalanan hijrahnya. Masjid ini pada mulanya hanya kecil dan masih sangat sederhana . Dengan semakin banyaknya jumlah umat islam , maka Kholifah Umar bin Khattab mulai memperluas masjid ini. Majid Nabawi telah mulai dibangun sejak masa Kholifah Umar bin Khattab yang kemudian dilanjutkan merenovasinya dan diperluas oleh Kholifah Usman bin Affan. selain diperluas ,masjid Nabawi juga dibangun dengan bentuk dan coraknya yang lebih indah.

c.   Pembentukan Angkatan Laut

      Pada masa Kholifah Usman bin Affan , wilayah islam sudah mencapai Afrika, Siprus, hingga konstantinopel . Muawiyah saat itu menjabat gubernur Suriah mengusulkan dibentuknya angkatan laut . Usul itu disambut dengan baik oleh Kholifah Usman bin Affan.

d.    Perluasan Wilayah Islam       

        Serangkain penaklukan bangsa Arab dimotivasi oleh semangat keagamaan untuk menjadikan dunia memeluk dan mengakui islam. Pada masa pemerintahan Kholifah Usman bin Affan wilayah Islam semakin meluas. Wilayah Azer Baijan berhasil di taklukkan pasukan muslim dibawah pimpinan Said bin As dan Huzaifah bin Yaman

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler