Fosil Mamut Tidak Sengaja Ditemukan di Prancis
17 November 2012 - dibaca : 12.799 kali

Fosil Mamut Tidak Sengaja Ditemukan di Prancis

Fosil ini tidak sengaja ditemukan saat eskavasi dalam rangka pencarian bukti aktivitas Roma Kuno.

Arkeolog Prancis, telah menemukan tulang belulang mamut yang hampir lengkap di pedesaan dekat Paris. Fosil mamut ini diperkirakan berumur 100 sampai 200 ribu tahun yang lalu. Peneliti dari National Institute for Preventive Archeological Research memperkirakan, umur mamut saat terjebak adalah 20 tahun.

Tidak sengaja ditemukan, fosil mamut ini terungkap saat eskavasi situs Roma Kuno sepanjang kota Changissur-Marne. Kepala Arkeolog Gregory Bayle yang berada di lokasi mengatakan, "Bukti dan fosil sejelas ini tidak pernah ditemukan sebelumnya, setidaknya di Prancis."

Para arkeolog mengatakan bahwa hipotesis tentang interaksi antara manusia zaman prasejarah dengan mamut terbukti benar. Teori sekarang, mamut dengan nama Helmut ini tenggelam atau diburu oleh manusia Neandhertal. "Sekarang, kita sedang menguji teori dari fosil mammoth ini apakah manusia zaman prasejarah memburu mamut," ungkap Bayle.

Helmut ditemukan dalam keadaan hampir lengkap, termasuk rahang, panggul, dan tulang belakang. Ini adalah kali ketiga mamut berambut panjang ditemukan. Hingga sekarang, telah ditemukan 140 spesimen mamut di Siberia, termasuk fosil yang hampir sempurna.

 

 

 

sumber : national geographic

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler