Mengenal Bangsa Jin
14 November 2012 - dibaca : 22.359 kali

Mengenal Bangsa Jin

“Dan Dia (Allah Swt) menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas.” [QS. Al-Hijr:27]

Jenis-jenis Jin

Sebagaimana layaknya species dalam aneka flora dan fauna aneka ragam kaum dalam makhluk manusia juga ada, demikian juga perihal dalam dunia jin. Bangsa Jin mempunyai hirarki masyarakatnya tesendiri. Ada jin yang menduduki kedudukan atau kelas yang tinggi dalam system social karena mempunyai kelebihan kekuatan dan ada yang statusnya hanya menengah ke bawah terkait kemampuan dan kelebihannya.

Bangsa jin serupa juga serupa bangsa manusia. Mereka menganut berbagai macam agama seperti Islam. Bahkan ada pula yang berpegang pada ideology dan keyakinan tertentu. Dalam keseharianpun demikian mereka ada yang bekerja dan menganggur seperti layaknya kehidupa manusia.

Diriwayatkan dalam sebuah hadits dari Abu Tha’labah ra yang berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Jin itu terbagi dalam 3 (tiga) jenis: Satu jenis Jin yang mempunyai sayap dan beterbangan di udara; satu jenis yang lain berupa ular dan anjing; dan satu jenis lainnya yang berpindah-pindah.

Tempat Tinggal Jin

Sebagai makhluk Allah, bangsa Jin mempunyai tempat tinggal tersendiri. Diantara tempat tinggal bersemayan Jin tersebut adalah:

  1. Mengutamakan  tempat-tempat yang  sepi dari manusia .
  2. Tempat–tempat yg kotor .
  3. Biasanya tinggal di kamar mandi atau tempat sejenis lainnya .
  4. Juga biasa tinggal di tempat–tempat yg berlubang .
  5. Di tempat yang terdapat kotoran dan buangan binatang .

Makanan dan Minuman Jin

Dalam beberapa hadist-hadist shahih disebutkan bahwa bangsa jin juga makan dan minun seperti manusia Di antara makhluk jin adalah:

  1. Tulang
  2. Kotoran binatang
  3. Asap

Waktu Jin dan Iblis Berkeliaran

Dalam sebuah hadist BUKHARI-MUSLIM yang diriwayatkan JABIR RASULLAH  SAW bersabda:

“Apabila malam menjelang, maka tahanlah anak-anak kalian karena sesungguhnya setan berkeliran saat itu. Apabila malam sudah gelap gulita, maka tutuplah pintu serta sebutlah nama Allah karena sesungguhnya setan membuka pintu yang tertutup. Tutuplah tempat-tempat air dan sebutlah nama Allah sekalipun dengan meletakkan sesuatu ke atasnya dan padamkanlah lampu-lampu kalian”.

Berdasarkan hadist tersebut, penulis menyimpulkan ada 5 (lima) perkara yang mesti diperhatikan kita:

  1. Larangan anak-anak membiarkan anak-anak berkeliaran malam-malam.
  2. Menutup  pintu pada waktu malam dengan menyebut nama Allah .
  3. Menutup  tempat-tempat simpanan air.
  4. Memadamkan lampu dengan meyebut nama Allah.

Apakah makhluk lain bisa Melihat Jin dan setan

Makhluk lain Bisa Dalam beberapa keterangan hadits, ada makhluk lain yang dapat melihat setan, yaitu sebagian binatang seperti keledai.

Di riwayatkan daripada Abu Hurairah bahwa baginda Rasulullah  SAW bersabda:

“Apabila kamu mendengar suara ringkikan keledai, maka berlindunglah kepada Allah dari Setan. Karena sesungguhnya ia mampu melihat-Nya”

Hukum Meminta Pertolongan Jin

Tidak diragukan lagi bahwa hukum meminta bantuan jin adalah haram. Ini berdasarkan Dalil firman Allah dalam  QS. AL-Jin,ayat 6 yang berbunyi: ”Terdapat beberapa orang laki-laki dari kalangan manusia yang meminta pertolongan jin, maka jin-jin’tersebut menambah bagi mereka dosa dan kesehatan”.

 

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler