10 Hari Pertama di Bulan Zulhijjah
09 November 2012 - dibaca : 4.590 kali

10 Hari Pertama di Bulan Zulhijjah

Sebentar lagi kita akan memasuki Bulan Zulhijjah, salah satu Bulan yang diutamakan oleh Allah. Bulan dimana sebagian umat muslim dunia berkumpul di Mekah untuk melaksanakan Ibadah Haji. Bulan yang di dalamnya terdapat momen seluruh umat muslim merayakan Hari Raya Idul Adha. Bulan ketika ibadah utama dalam rangka mnedekatkan diri kepada Allah yaitu Berqurban, dilaksanakan. Bulan yang di dalamnya terdapat satu hari yang bila kita berpuasa pada hari itu akan dijanjikan Pahala Dihapuskannya dosa kita setahun yang lalu dan setahun yang akan datang, yaitu Hari Arafah. Masya Allah, begitu mulianya dan penuh keutamaan Bulan Zulhijjah.

Berkenaan dengan hal tersebut, Bursamuslim.com bermaksud berbagi informasi dan sedikit ilmu agama tentang “Keutamaan 10 Hari Pertama di Bulan Zulhijjah dan Amalan yang Disyariatkan” bersumber dari tulisan  Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin salah satu muftin(ulama pemberi fatwa) di Majelis Ulama Saudi Arabia . Berikut cuplikannya :

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari, Rahimahullah, dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : 

Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah daripada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun”.

dalam hadits ain juga disebutkan :

“Imam Ahmad, Rahimahullah, meriwayatkan dari Umar Radhiyallahu ‘Anhuma, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid”.

MACAM-MACAM AMALAN YANG DISYARIATKAN

  1. Melaksanakan Ibadah Haji Dan Umrah
  2. Berpuasa Selama Hari-Hari Tersebut, Atau Pada Sebagiannya, Terutama Pada Hari Arafah.
  3. Takbir Dan Dzikir Pada Hari-Hari Tersebut.
  4. Taubat Serta Meninggalkan Segala Maksiat Dan Dosa.
  5. Banyak Beramal Shalih.
  6. Disyariatkan Pada Hari-Hari Itu Takbir Muthlaq
  7. Berkurban Pada Hari Raya Qurban Dan Hari-hari Tasyriq.
  8. Dilarang Mencabut Atau Memotong Rambut Dan Kuku Bagi Orang Yang Hendak Berkurban.
  9. Melaksanakan Shalat Iedul Adha Dan Mendengarkan Khutbahnya.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler