Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Mengenal Lebih Dekat Tentang Penyakit Hepatitis
07 November 2012 - dibaca : 5.256 kali

Mengenal Lebih Dekat Tentang Penyakit Hepatitis

Kita semua ingin bebas melakukan aktivitas yg patut tanpa ada sesuatupun yg dapat menghalangi kita untuk mengekspresikan bakat kita masing-masing bukan?

Namun, sayang sekali beberapa dari antara kita ada yang terbatasi oleh gangguan penyakit seperti Hepatitis.

Mari coba kita pahami apa itu hepatitis dan pencegahan apa yg penting kita lakukan. Kemudian, bila sudah terjangkit, tindakan apa yg dapat kita tempuh untuk mengatasinya.Hepatitis merupakan peradangan organ hati atau liver.

Penyakit ini tergolong penyakit yang sangat berbahaya karena menyerang organ vital manusia yaitu hati. Apa saja penyebab hepatitis? Mari kita simak uraian berikut.

Hepatitis Akibat Virus

Infeksi virus masih menjadi penyebab utama penyakit hepatitis. Ada beberapa jenis virus yg menyebabkan hepatitis, yaitu virus hepatitis A, virus hepatitis B, virus hepatitis C, virus hepatitis D, virus hepatitis E, dan virus hepatitis G. Beberapa virus-virus ini terdapat pada makanan yang tidak bersih dan hubungan seks yang tidak sehat dan tidak normal.

Penyebab Hepatitis Non Virus

Selain serangan virus, penyebab hepatitis lainnya dapat dipicu oleh bahan kimia  seperti racun, jamur beracun, kloroform, dan minuman beralkohol.Selain itu, hepatitis juga dapat disebabkan oleh metabolisme yang abnormal.

Ini terjadi karena timbunan lemak yang berlebihan di organ hati. Kondisi ini sering kali dialami oleh wanita selama kehamilan yang disebabkan oleh pola makan yang salah. Selain itu juga bisa terjadi karena kelebihan unsur tembaga di sekitar organ hati dan otak.

Gejala-gejala Hepatitis

Gangguan hati pada umumnya tidak terlihat jelas pada penderitanya kecuali jika kondisinya sudah sangat parah. Ini terjadi karena organ hati diciptakan dengan sangat mengagumkan, dimana sel hati dapat beregenerasi dengan cepat.

Namun kami menyediakan informasi yang sangat bermanfaat bagi Anda untuk mengenali beberapa gejala umum yang dialami pengidap hepatitis. Berikut ini beberapa gejala yang umum ditemui pada penderita peradangan hati:

  • Warna kekuningan pada kulit atau putih mata
  • Air seni berwarna kecoklatan seperti teh
  • Berat badan berkurang drastis
  • Kurang nafsu makan,
  • Diare
  • Warna tinja pucat
  • Cepat lelah
  • Kadar gula rendah
  • Nyeri perut bagian atas
  • Demam meriang
  • Libido menurun.

Jika Anda merasa mengalami beberapa keluhan diatas, kami sarankan segera melakukan pemeriksaan ke puskesmas atau rumah sakit.

Bagaimana Mencegah agar Terhindar dari Hepatitis?

Mengingat bahwa hepatitis lebih cenderung disebabkan oleh virus, maka sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan diri. Berikut ini tindakan-tindakan pencegahan yang perlu Anda lakukan;

  • Mencuci tangan dengan sabun setelah anda selesai beraktifitas, keluar dari toilet, berjabat tangan dengan orang-orang, kontak fisik dengan binatang, dan saat Anda akan makan.
  • Hindari narkoba, alkohol, alat suntik, alat cukur bersama.
  • Olahraga secukupnya dengan teratur.
  • Hubungan seks yang sehat dan tidak berganti-ganti pasangan.
  • Gunakan obat-obatan yang direkomendasikan para dokter.
  • Konsumsi rutin makanan dengan pola yang seimbang.

Dengan melakukan beberapa tips di atas semoga Anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit-penyakit yang mengerikan lainnya, termasuk hepatitis.

Pengobatan Apa yang Tersedia Untuk Penderita Hepatitis?

Bagi Anda penderita hepatitis A, cukup hanya istirahat total (bedrest). Untuk penderita hepatitis B,sekarang ini ada obat baru yang disebut Lamivudin dan untuk hepetitis C tersedia obat Interferon dan Ribavirin yang penggunaannya harus dalam pengawasan dokter.

Namun pada intinya, semua semua jenis Hepatitis ini bisa berkembang secara bertahap, tanpa diketahui oleh penderitanya. Dengan begitu, banyak pasien yang baru menyadari dirinya sakit setelah penyakit berkembang sudah terlalu parah.

Hal tersebut bisa mengakibatkan kanker hati dan ada pula yang terpaksa menjalani transplantasi hati yang membutuhkan dana yang sangat mahal.

Tetapi sekarang para penderita hepatitis dapat merasa lega karena telah tersedia obat herbal sebagai terapi alternatif yang sangat ampuh untuk pengobatan hepatitis ini yaitu Sarang Semut Papua.

Sudah banyak orang telah mencobanya dan terbukti berhasil. Sekarang giliran Anda untuk merasakan manfaat dari obat herbal Sarang Semut ini.


Terpopuler