Khasiat Jambu Biji
07 November 2012 - dibaca : 3.892 kali

Khasiat Jambu Biji

Mayoritas masyarakat Indonesia pasti sudah tahu dengan buah yang satu ini: Jambu biji. Bentuknya yang bulat, warna daging buahnya yang merah, dan rasanya yang manis merupakan kelebihan yang dimiliki oleh Jambu biji.

Tak mengherankan kalau kemudian banyak orang yang gemar mengonsumsi Jambu biji secara konsisten karena mudah untuk mendapatkannya dan harganya juga murah.

Selain bisa dimakan langsung, Jambu biji juga bisa dibuat menjadi jus yang menyegarkan dan menyehatkan. Buah yang berasal dari Amerika Tengah ini biasanya tumbuh baik  di dataran rendah atau dataran tinggi.

Besar buahnya sangat bervariasi mulai dari yang berdiameter 2,5 meter sampai dengan 10 cm. Untuk pohonnya sendiri memiliki ciri bercabang banyak dengan ketinggiannya mencapai 15 meter. Sedangkan buahnya berdaging lunak dan tebal, memiliki biji yang masih sedikit, dan rasanya manis.

Selain dikenal sebagai buah yang memiliki rasa yang manis dan daging buahnya tebal, buah ini juga memiliki kandungan gizi yang memadai bagi tubuh. Jambu biji terkenal dengan tingginya kadar vitamin C dan juga vitamin A.

Kandungan vitamin C dalam Jambu biji lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk yang mengandung 49 mg/100 gram. Dan vitamin C yang terkandung dalam Jambu biji ini lebih terkonsentrasi pada kulit dan daging buah bagian luarnya yang tebal. Biasanya kandungan vitamin C di dalam buah ini akan mencapai jumlah yang maksimal menjelang matang.

Selain vitamin C, Jambu biji juga banyak mengandung serat terutama pectin yang merupakan serat yang mudah larut dalam air, yang biasanya digunakan untuk bahan pembuatan gel atau jeli. Perlu Anda ketahui bahwa manfaat serat jenis ini bagi tubuh ialah untuk menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengikatnya bersamaan dengan asam empedu di dalam tubuh dan kemudian mengeluarkannya.

Hal ini pernah menjadi concern penelitian yang dilakukan oleh Singh Medical Hospital and Research Centre di India yang menyatakan bahwa Jambu biji berperan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah pada penderita hipertensi esensial.

Beragam Khasiat Jambu Biji

Para peneliti di Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) telah menemukan bahwa jambu biji tergolong di antara buah yang kaya antioksidan. Buah ini kaya vitamin, serat dan mineral. Jika dijadikan bagian dari makanan sehari-hari, penelitian menunjukkan jambu biji sangat efektif mencegah kanker dan penyakit jantung.

Jambu biji dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengendalikan tekanan darah dan kolesterol. Kemampuan jambu biji untuk menurunkan tekanan darah disebabkan adanya kandungan kalium. Kalium merupakan elektrolit yang penting untuk reaksi listrik dalam tubuh termasuk pada jantung. Menurut kalangan praktisi kesehatan, hanya dengan mengonsumsi jambu biji sebanyak 0,5-1 kg per hari selama 4 minggu, resiko penyakit jantung bisa berkurang sampai 16%.

Jambu biji juga mengandung Likopen yang menurut beberapa studi epidemologis, bisa melindungi tubuh dari efek mematikan sejumlah kanker seperti kanker rongga mulut, kanker tenggorokan, kanker usus besar dan dubur, dan lainnya.

Manfaat lainnya dari jambu biji ialah memperkuat daya tahan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit, meningkatkan kesehatan gigi dan gusi serta membantu dalam penyembuhan luka. Makanya dengan mengonsumsi jambu biji secara rutin akan dapat membantu melindungi tubuh Anda dari serangan berbagai macam penyakit sebagaimana yang disebutkan di atas.

Manfaat jambu biji tersebut tak beda jauh dengan Sarang Semut. Sarang Semut diketahui dapat mengatasi berbagai jenis kanker dan tumor serta beberapa gangguan jantung yang umum seperti irama jantung yang abnormal dan untuk menstabilkan tekanan darah.

Untuk problem jantung yang lebih spesifik seperti jantung bocor dan jantung koroner, Noni juice sangat direkomendasikan karena diketahui sangat bermanfaat mengatasi gejala yang diakibatkan penyakit tersebut.

Sama seperti Jambu biji, manfaat Sarang Semut dan Noni juice tidak sebatas itu saja. Karena bekerja dengan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, beragam penyakit lain juga dapat diatasi dengan kedua herbal tersebut.

Menariknya, penggunaan kedua herbal tersebut dapat saling dikombinasikan atau dipadukan dengan dengan obat dokter. Tidak ada salahnya mencoba salah satu atau kedua jenis herbal tersebut karena penggunaannya aman dan tanpa efek samping.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler