Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Mengobati Asam Lambung
04 November 2012 - dibaca : 2.130 kali

Mengobati Asam Lambung

Kebanyakan orang belum mengetahui gejala-gejala sakit asam lambung. Rasa perih dalam lambung atau pada ulu hati adalah sesuatu yang sering disebut asam lambung, kenyataannya, gejala asam lambung tidak harus terasa perih dulu. Rasa yang tidak nyaman pada lambung/ ulu hati yang disertai dengan mual / kembung, sering bersendawa, atau cepat terasa kenyang juga merupakan hal dari asam lambung.

Penyakit refluks gastroesofageal menurut definisi pasa konsensues nasional merupakan kelainan yang disebabkan cairan lambung mengalami refluks (mengali balik) ke kerongkongan dan menyebabkan gejala seperti dada terasa panas, terkadang disertai rasa nyeri dan gejala lain seperti rasa asam dan pahit di lidah, nyeri ulu hati, perut kembung, sering bersendawa, serta sullit saat menelan.

 

Cara makan juga bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit asam lambung.
Jika anda mengalami diare yang disertai dengan rasa nyeri pada perut, pada umumnya anda diharapkan untuk meghindari makanan yang bisa menimbulkan iritasi seperti alkohol, kafein dan makanan yang banyak bumbunya. Kurangi konsumsi makanan mentah dan disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan dalam kaleng yang kulitnya telah dikupas serta sayur-sayuran yang telah diolah. Hindari juga sari buah-buahan yang berkonsentrasi tinggi atau makanan yang bisa menyebabkan iritasi seperti sari jeruk.

Cara mengunyah lebih sering dan lebih mampu mengurangi kembung. Dengan mengunyah lebih lama bukan dikarenakan supaya makanan menjadi hancur melainkan untuk memberikan kesempatan agar meningkatnya volume air lliur ke dalam makanan tersebut. Karena dalam ludah manusia terdapat berbagai jenis enzyme seperti lipase, lisozim, amylase, mukosa, elektrolit dan bakterisida.

Mengobati asam lambung dengan lidah buaya sebagai berikut : Lidah buaya yang berdaging dan menghasilkan cairan putih sangat baik dipakai sebagai penyembuh luka dan keadaan kulit. Jus lidah buaya bisa dipakai sebagai pengobatan untuk gangguan pencernaan. Lidah buaya juga memiliki kandungan elemen kunci seperti aloin, aloin, aloin-emodin, resin, tanin dan polisakarida. Selain itu, lidah buaya juga menawarkan 19 asam amino, 20 mineral dan 12 vitamin yang penting bagi kesehatan. Jus lidah buaya juga berfungsi sebagai antimikroba dan menyembuhkan lapisan saluran pencernaan, juga bisa mengurangi peradangan.


Terpopuler