Penelitian Adsorbsi
03 November 2012 - dibaca : 6.404 kali

Penelitian Adsorbsi

TINJAUAN KESETIMBANGAN ADSORPSI TEMBAGA DALAM LIMBAH PENCUCI PCB DENGAN ZEOLIT

Zeolit alam mempunyai potensi sebagai penjerap logam berat dalam pengolahan limbah cair yang disebabkan oleh kapasitas penjerapan dan selektivitasnya tinggi, berumur panjang, dan jumlahnya melimpah di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model kesetimbangan adsorpsi yang sesuai pada penjerapan Cu pdalam limbah pencuci PCB dengan zeolit alam. Penelitian dilakukan secara bacth dengan menggunakan penangas air. Variabel yang diteliti adalah konsentrasi awal limbah, suhu, dan pH proses. Analisis dilakukan secara titrasi menggunakan EDTA dan indikator murrexid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reaksi dapat diwakili dengan model persamaan kesetimbangan adsorpsi Langmuir dengan nilai koefisien korelasi (R2) dan nilai kapasitas maksimum zeolit (qº, gCu/gZeolit) untuk suhu 33 °C, 39 °C, dan 43 °C masing-masing sebesar 0,9977, 0,9961 dan 0,9852 dan 0,650, 0,689, 0,735. Dari percobaan kesetimbangan diketahui energi pertukaran ion dalam larutan Cu sebesar 3,9187 kJ/mol. Keasaman proses yang menghasilkan penjerapan maksimum adalah pada pH 7, dengan kandungan Cu dalam efluen 8,89 mg/L. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk pengolahan limbah pencuci PCB.


KEMAMPUAN ADSORPSI BATU PASIR YANG DILAPISI BESI OKSIDA (Fe2O3)UNTUK MENURUNKAN KADAR Pb DALAM LARUTAN

Keracunan  timbale  pada  manusia  dapat menyebabkan disfungsi dan kerusakan pada ginjal, sistem reproduksi, hati, otak dan susunan saraf pusat, bahkan dapat menyebabkan keterbelakangan mental pada anak-anak dan juga dapat menyebabkan kematian. Mengingat dampak negatif yang ditimbulkan oleh logam Pb pada manusia dan organisme hidup lainnya, maka keberadaan logam ini perlu mendapat pengawasan yang serius, terutama dalam proses pengolahan limbah bagi industri. Pengolahan limbah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya dengan adsorpsi oleh zat padat .Salah satu adsorben yang digunakan untuk mengadsorpsi logam berat yaitu pasir yang dilapisi dengan Fe2O3.

Batu pasir ini telah digunakan untuk adsorpsi logam-logam berat Chromium (Cr) dan Cadmium (Cd). Selain itu batu pasir kelimpahannya sangat besar di alam. Batu pasir yang dilapisis Fe2O3 akan mempunya i luas permukaan lebih basar daripada yang tidak dilapisi, namun peningkatan luas permukaan dengan pelapisan juga dipengaruhi oleh konsentrasi ferinitrat yang digunakan untuk pelapisan Fe2O3.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler