Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Metode Adsorbsi
03 November 2012 - dibaca : 5.932 kali

Metode Adsorbsi

metode adsorbsi

Metode adsorpsi telah dikembangkan menggunakan biomassa tumbuhan yang dikenal dengan fitofiltrasi. Dasar pemikiran dari fitofiltrasi adalah dengan menggunakan biomassa tumbuhan yang telah mati sebagai pengikat ion logam (Gamez, et al., 1999). Metode adsorpsi menggunakan biomassa merupakan metode yang efektif dalam mengikat ion logam berat, baik anionik maupun kationik. Proses adsorpsi ion logam menggunakan biomassa tumbuhan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah pH larutan dan waktu kontak. Efisiensi adsorpsi optimum untuk ion logam kationik pada pH 5-6 dan efisiensi adsorpsi optimum untuk logam anionik pada pH 2. Dengan demikian biomassa dapat digunakan untuk mengadsorpsi ion logam kationik dan anionik (Dokken, et al.,1996). Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan maka diperlukan serangkaian penelitian tentang kajian kesetimbangan adsorpsi Cr(VI) pada biomassa kangkung air (Ipomoea aquatica Forsk).


macam metode adsobsi

Ada dua metode adsorpsi yaitu adsorpsi fisika dan adsorpsi kimia. Perbedaan dasar antara adsorpsi fisika dan adsorpsi kimia adalah sifat dari gaya-gaya yang menyebabkan ikatan adsorpsi tersebut
1. Adsorpsi fisika
Ikatan Van der Walls, Reversible, karena proses penyerapan dapat lepas kembali ke dalam pelarut, Kalor adsorpsi kecil yaitu 5-10 kkal/mol, Kecepatan pembentukan ikatan cukup tinggi, Regenerasi dapat dilakukan, Terjadi pada suhu rendah, makin tinggi suhu tingkat penyerapan semakin kecil.
2. Adsorpsi kimia
Ikatan kimia
Irreversible, karena proses penyerapan tidak dapat dilepas kembali ke dalam pelarut, Kalor adsorpsi besar yaitu 10-100 kkal/mol, Kecepatan pembentukan ikatan bisa lambat bisa cepat, tergantung besarnya energi aktivasi. Regenerasi tidak dapat dilakukan, Terjadi pada suhu tinggi, makin tinggi suhu tingkat penyerapan semakin besar.


Terpopuler