Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Manfaat Minyak
03 November 2012 - dibaca : 8.322 kali

Manfaat Minyak

Minyak sangat berguna bagi kehidupan manusia, berikut ini manfaat dan penggunaan minyak :

  1. Minyak sebagai bahan bakar karena bersifat pemanas. Contohnya solar, bensin, minyak tanah, minyak goreng
  2. Minyak digunakan sebagai pelarut. Ada banyak minyak yang versifat non-polar dan senyawa atau zat yang larut dengan baik dalam minyak. Hal ini digunakan dalam proses produksi industri dan produksi pangan.
  3. Minyak Thermo dalam sistem perpindahan panas untuk transmisi energi panas yang digunakan (pembawa panas). Keuntungan utama minyak termal untuk air titik didih lebih tinggi. Dengan demikian, suhu lebih dari 300 ° C dapat dicapai. Minyak Thermal dapat dibuat dari kedua minyak sintetis dan minyak organik.
  4. Gelombang minyak menenangkan laut / gelombang laut yang berada di industri perkapalan untuk mengurangi aksi gelombang di laut lepas.
  5. Kekerasan digunakan sebagai minyak pendinginan di pengerasan logam. Di sini, laju pendinginan lebih lambat dibandingkan, misalnya, air.
  6. Minyak digunakan sebagai penyedap masakan yaitu minyak sayur, margarin.
  7. Minyak sebagai pelumas contohnya oli
  8. Minyak digunakan untuk transfer energi.
  9. Minyak digunakan sebagai lapisan untuk melindungi dari kebocoran contohnya minyak ter.
  10. Minyak digunakan sebagai kosmetik yaitu untuk mengkilapkan rambut agar tampak berkilau, tidak keras, tidak kusut dan bisa meningkatkan pertumbuhan rambut contohnya minyak zaitun, minyak kemiri, minyak kelapa dan lain sebagainya.
  11. Minyak sebagai suplemen makanan contohnya minyak ikan
  12. Minyak digunakan sebagai bahan pembuatan sabun dan berbagai industri lainnya
  13. Minyak digunakan sebagai parfum atau wangi-wangian yang disebut dengan terpena dan terpenoid, yang biasanya dikenal dengan minyak atsiri, atau minyak eteris, atau minyak esensial ( yang bukan berasal dari asam lemak esensial) dan merupakan bahan dasar wangi-wangian (parfum) dan minyak gosok.


Terpopuler