Boiler
03 November 2012 - dibaca : 5.507 kali

Boiler

Boiler adalah suatu bejana tertutup dimana berfungsi untuk memanaskan air pada titik didihnya sampai menjadi uap air/ steam yang dapat digunakan untuk keperluan proses lainnya. Dalam system kerja boiler terdapat 3 bagian yaitu : bagian air umpan/ feed, bagian pemanasan/ steam, dan bagian bahan bakar. System kerja boiler adalah pertama-tama air umpan masuk ke bejana/pipa. Kemudian air umpan dipanaskan hingga menjadi uap pada kondisi saturated dengan panas dari hasil pembakaran yang terletak dibawah bejana. Setelah itu uap air hasil pembakaran dilewatkan pada pipa untuk dilalirkan ke tempat yang membutuhkan uap air dalam prosesnya seperti heat exchanger atau turbin dalam PLTU.

Air yang digunakan untuk membuat uap air/ steam disebut air umpan. Air umpan ini diperoleh dari air kondensat yang berasal dari embun yang kembali proses menjadi air dalam proses dan air make up yang merupakan air baku yang sudah diolah sehingga memenuhi persyaratan untuk dijadikan air umpan dalam boiler. Dalam boiler terdapat suatu alat yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi kerja boiler yaitu disebut dengan economizer. Economizer ini adalah water tube yang terletak jauh dari ruang pembakaran yang berfungsi untuk memanaskan air dengan menggunakan panas sisa agar efisiensi panas baik.

Untuk bahan bakar sendiri, boiler menggunakan beberapa bahan bakar diantaranya batu bara, minyak, dan gas alam/ bumi. Diantara ketiga bahan bakar tersebut yang baik adalah batu bara. Hal ini dikarenakan batu memiliki beberapa keunggulan yaitu ekonomis, mudah penanganan, dan memiliki tingkat resiko yang lebih kecil dibandingkan bahan bakar minyak dan gas. Akan tetapi dalam beberapa industry bahan bakar yang digunakan ada yang selain batu bara misalkan gas. Hal ini berkaitan dengan penggunaan bahan bakar sebagai feed, yang mana feed yang tidak terpakai/ lewat proses bisa digunakan untuk bahan bakar boiler. Sehingga dapat mengurangi cost proses.

Ada beberapa jenis boiler yang digunakan yaitu Fire tube boiler, Water tube boiler, Paket boiler, Fluidized bed combustion boiler, Atmospheric fluidized bed combustion boiler, Pressurized fluidized bed combustion boiler, Circulating fluidized bed combustion boiler, Stoker fired boiler, Pulverized fuel boiler, Boiler pemanas limbah (Waste heat boiler) dan and Pemanas fluida termis.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler