6 Cara Sederhana Menurunkan Kadar Gula Darah
26 Oktober 2012 - dibaca : 2.589 kali

6 Cara Sederhana Menurunkan Kadar Gula Darah

ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan, seperti :

 
1. Banyakin olahraga
Biar bagaimanapun kunci dari munculnya berbagai penyakit degeneratif adalah berat badan berlebih (obesitas). Orang yang obesitas beresiko terkena banyak penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, penyakit gula, dll. Untuk itu para dokter menyarankan kita untuk mengatur ukuran berat badan kita dengan cara melakukan diet proporsional untuk mengurangi berat badan. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan berolahraga. Berolahraga ini sangat bermanfaat dalam membantu kita menurunkan kadar gula kita. Menurut penelitian kesehatan, berjalan kaki selama setengah jam (30 menit) dapat menurunkan kadar gula sebanyak 40 poin...
 
 
2. Minum Teh tawar (teh apa aja bisa, bagus kalau bisa dapet teh Hijau)  
Jika anda yang mempunyai kebiasaan minum teh, cara itu lumayan jitu untuk menurunkan kadar gula. Tapi tehnya harus teh tawar. Kalau teh yang manis-manis, hanya akan menaikan kadar gula darah kamu saja. Menurut sebuah penelitian kesehatan di Amerika, kebiasaan meminum teh hijau tawar dapat menurunkan kadar gula sebanyak 30 poin.
 
3. Konsumsilah Makanan Rendah gula (Low-Glychemic Food)
Contoh makanan rendah gula adalah buah2an berserat tinggi, oatmeal, kacang2an, buncis, dan granola. Nasi, kentang dan Roti tergolong makanan berkadar gula tinggi maka harus dicegah. PLUS, harus diingat, hindari makanan cepat saji karena makanannya mempunyai kandungan kadar gula dan lemaknya yang cukup tinggi.
 
4. Perbanyak Minum Air Putih.
Minum banyak air juga merupakan salah satu jalan menurunkan kadar gula darah. So, minumlah air 8 gelas perhari. Selain bermanfaat menurunkan kadar gula, air putih membantu menghilangkan toksin (racun) dalam tubuh, membantu menurunkan berat badan, dan membuat kulit tetap sehat. 
 
5. Kurangi minum-minuman berkarbonasi seperti berbagai jenis soft drinks baik branded maupun non-branded.
Pada dasarnya semua soft drinks mengandung kadar gula yang tinggi. Satu botol/kaleng soft drinks saja mengandung 12 sendok teh gula, dan ini adalah konsumsi yang berlebihan. Semakin sering kalian minum softdrinks, maka kadar gula kalian ikut naik..Mau sehat? Yuk kurangi and kalau perlu hilangin menu soft drinks dalam daftar minuman pesanan kalian. Gantilah dengan Air Putih. OK.
 
6. Yoga atau Relaksasi

Latihan relaksasi seperti Yoga dapat membantu kita mengontrol stress. Stress kalau tidak bisa dikontrol maka akan memicu naiknya kadar gula darah. Karena itu sangat penting kita mengatur suasana hati dan pikiran agar tetap tenang dan relaks..  

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler