Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Deskripsi, Gejala, Penyebab dan Pengobatan Penyakit Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)
17 Oktober 2012 - dibaca : 30.632 kali

Deskripsi, Gejala, Penyebab dan Pengobatan Penyakit Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BPPV)

Deskripsi

Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV) adalah salah satu penyebab paling umum dari vertigo, yaitu sensasi berputar-putar di kepala yang tiba-tiba menyerang. BPPV ditandai dengan rasa nyeri ringan yang singkat sampai pusing yang intens. Gejala BPPV dapat dipicu oleh perubahan posisi kepala ketika tidur, berbaring, membalik atau duduk di tempat tidur. Anda juga mungkin akan merasa tidak seimbang ketika berdiri atau berjalan. Meskipun BPPV bisa menjadi masalah yang mengganggu, tetapi jarang serius kecuali bila meningkatkan kemungkinan jatuh.

 

Penyebab

Dokter seringkali mengalami kesulitan dalam menemukan penyebab khusus BPPV. Ketika penyebabnya dapat ditentukan, BPPV sering dikaitkan dengan pukulan kecil hingga berat ke kepala. Penyebab kurang umum dari BPPV termasuk gangguan yang merusak telinga bagian dalam atau kerusakan yang terjadi selama operasi telinga dan migrain.

 

Gejala

Tanda-tanda dan gejala BPPV mungkin termasuk:

1. Pusing

2. Sensasi seperti Anda atau lingkungan Anda berputar atau bergerak (vertigo)

3. Berkunang-kunang

4. Oleng atau kehilangan keseimbangan

5. Penglihatan kabur terkait dengan sensasi vertigo

6. Mual

7. Muntah Tanda dan gejala BPPV dapat bervariasi dari orang ke orang, tapi hampir selalu disebabkan oleh perubahan posisi kepala Anda. Gerakan mata yang abnormal ritmis (nystagmus) biasanya menyertai gejala BPPV.

 

Segera cari pertolongan medis ketika pusing atau vertigo disertai gejala berikut ini:

1. Sakit kepala yang berbeda atau berat

2. Demam yang lebih dari 38 derajat Celcius

3. Penglihatan ganda atau kehilangan penglihatan

4. Gangguan pendengaran

5. Kesulitan berbicara

6. Kaki atau lengan lemah

7. Kehilangan kesadaran

8. Jatuh atau kesulitan berjalan

9. Mati rasa atau kesemutan

10. Nyeri dada, atau detak jantung yang cepat atau lambat Tanda-tanda dan gejala yang tercantum di atas mungkin menandakan masalah yang lebih serius, seperti stroke atau kondisi jantung.

 

Pengobatan

1. Reposisi Canalith Untuk membantu meringankan BPPV, dokter, audiolog atau ahli terapi fisik mungkin akan menyarankan untuk melakukan serangkaian gerakan yang dikenal sebagai prosedur reposisi canalith. Prosedur reposisi canalith terdiri dari beberapa gerakan posisi kepala yang sederhana dan lambat. Setiap posisi membutuhkan waktu sekitar 30 detik setelah gejala atau ketika gerakan abnormal mata terhenti. Prosedur ini biasanya efektif setelah satu atau dua perlakuan.

2. Operasi Dalam situasi yang sangat jarang terjadi yaitu ketika prosedur reposisi canalith tidak efektif, dokter dapat merekomendasikan prosedur pembedahan untuk memblokir bagian dari telinga Anda yang menyebabkan pusing. Sumber: MayoClinic


Terpopuler