Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
5 Alasan Anak Perlu Minum Susu
09 Mei 2013 - dibaca : 20.445 kali

5 Alasan Anak Perlu Minum Susu

Mengapa anak harus minum susu? Sebab susu mengandung aneka nutrisi yang bisa melengkapi kebutuhan gizi anak. Contoh, asam lemak tak jenuh (AA, DHA, sphingomyelin), serat pangan yang berperan sebagai prebiotik (Fos-Gos), mineral (kalsium, fosfor, dan magnesium), dan lain sebagainya, yang diharapkan dapat mendukung kesehatan anak.

Selain itu, susu juga memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang bisa menahan lapar cukup lama, sekaligus mengubah lemak menjadi energi. Energi sangat dibutuhkan oleh anak (terutama yang berada dalam masa perkembangan lanjutan) untuk membantunya beraktivitas lebih optimal. Di usia 1-3 tahun, anak dianjurkan minum susu 2-3 sehari, lalu di usia 4-6 tahun diturunkan menjadi 1-2 kali sehari.

Ada banyak manfaat dari minum susu. Berikut di antaranya:

* Tulang sehat
Umumnya, susu kaya akan kandungan kalsium, fosfor, magnesium, dan protein. Semua zat gizi ini berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan tulang. Jika terbiasa minum susu sejak kecil, tulang kita akan terlindungi dari gangguan osteoporosis (keropos).

* Gigi sehat
Selain tulang, kalsium dan fosfor yang dikandungnya membuat gigi kuat dan sehat. Gigi bisa digunakan sepanjang hidup karena zat gizi ini bisa melindungi gigi dari asam mulut, bakteri, sisa makanan yang menempel, dan lainnya.

* Mendukung kecerdasan
Kandungan AA, DHA, sphingomyelin, dan lainnya pada susu bisa menjadi nutrisi bagi otak anak. Jika asupannya cukup, maka hal itu akan mendukung pertumbuhan kecerdasan anak. Meski demikian, anak tetap harus diberikan stimulasi dan asupan nutrisi yang beragam dari sumber makanan lain.

* Lebih aktif
Kandungan gizinya yang lengkap dan ditambah rasa yang nikmat membuat banyak anak menyukai susu. Jika dikonsumsi secara rutin, selain memenuhi kecukupan gizi anak, tubuhnya pun akan terasa lebih bugar dan sehat. Dengan kondisi tubuh yang prima, anak akan lebih aktif. Hal ini sangat penting mendukung pertumbuhan tubuhnya.

* Sebagai kudapan sehat
Dengan aktivitas sangat tinggi, biasanya anak mudah lapar dan haus. Nah, susu bisa menjadi kudapan sehat. Ketika haus dan lapar saat beraktivitas, anak akan lebih mudah minum susu dibandingkan makanan lain. Selain itu, susu bisa mengatasi kebutuhan cairan anak yang terkuras saat beraktivitas sehingga anak bisa terhindar dari dehidrasi.


Terpopuler