"/>
Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Jika Hasil "Testpack" Negatif
14 Oktober 2012 - dibaca : 60.305 kali

Jika Hasil "Testpack" Negatif

Testpack, diakui dr H Taufik Jamaan, SpOg dari RS Bunda Jakarta, merupakan alat uji kehamilan yang cukup sensitif dalam mendeteksi apakah seorang ibu sudah positif hamil atau tidak.

Alat ini akan mengecek kadar Human Chorionic Gonadotropin (HCG) atau hormon kehamilan di dalam darah dan nilai keakuratannya bisa mencapai 97 persen. Namun, bila dilakukan tak sesuai aturan atau kualitas testpack kurang baik atau sudah rusak, tentulah penggunaan testpack jadi tak efektif.

Yang jelas, jika ibu sudah dua minggu telat menstruasi namun hasil tesnya negatif sementara ibu yakin hamil, sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Dokter akan mengobservasi gejala-gejala yang muncul dan kembali melakukan tes kehamilan.

Bila masih belum terdeteksi, bisa saja dilakukan tes laboratorium untuk mendeteksi kadar hormon HCG. Tes ini umumnya lebih efektif karena bisa mendeteksi kadar HCG yang rendah, sekitar 20-30 per mu. Namun bila kadarnya di bawah 20 per mu, berarti kehamilan negatif. Penyebab telat haid bisa karena beberapa hal, salah satunya gangguan sistem hormonal.


Terpopuler